WANIPEDES

Alumni SMPN 4 Banyuwangi Angkat Bicara Terkait Kejadian Kekerasan di Sekolah

Alumni SMPN 4 Banyuwangi Angkat Bicara Terkait Kejadian Kekerasan di Sekolah
Ari Bagus Pranata, alumni SMP Negeri 4
WANIPEDES.ID | BANYUWANGI -
Ari Bagus Pranata, salah satu alumni SMPN 4 Banyuwangi, mengungkapkan keprihatinannya atas insiden kekerasan yang terjadi di sekolahnya pada Jumat (13/10/2023) yang melibatkan seorang siswa berinisial RK yang menjadi korban aniaya oleh teman sekolahnya.

"Bulan Agustus 2023 Lalu pernah terjadi, bulan ini terjadi lagi," cetus Ari

Menurut Ari, ini merupakan kejadian yang kedua kalinya dan kasusnya telah ditingkatkan ke jalur hukum.

Ari, yang juga merupakan paralegal dari Lembaga Bantuan Hukum Gerakan Advokat dan Aktifis (LBH GAAS), menyampaikan bahwa sepanjang masa sekolahnya di SMPN 4 Banyuwangi, tidak pernah terjadi kasus intimidasi atau pengeroyokan di antara siswa. 

"Saya alumni tahun 2000, selama saya sekolah di SMPN 4 Banyuwangi tidak ada saling bullying, apalagi berantem kemudian orang tuanya melaporkan ke polisi," ujarnya, Minggu (15/10/2023).

Ari berpendapat bahwa tujuan sekolah adalah untuk menimba ilmu dan membentuk karakter yang baik, bukan sebagai tempat menjadi "preman". Ia merasa sedih dengan insiden yang terjadi dan Ari percaya bahwa pihak sekolah telah memberikan pengawasan, edukasi, serta sosialisasi terkait intimidasi dan kekerasan. Ari, bagaimanapun, heran mengapa insiden tersebut kembali terulang.

Dalam harapannya, Ari mengajak agar insiden kekerasan tidak terjadi lagi di masa depan sehingga para orang tua siswa dan masyarakat merasa aman dan nyaman untuk mengirimkan anak-anaknya bersekolah.

" Saya berharap bullying maupun Kekerasan tidak terulang kembali,"harapan dia.

Ari pun mengingatkan pihak Dinas Pendidikan Banyuwangi untuk turun tangan mengevaluasi penerapan program Sekolah Anti Bullying yang sejalan dengan harapan.

"Tim Satgas Anti Bullying segera bertindak, bila perlu Kepala Dinas Pendidikan turun untuk mengevaluasi," tutup Ari.



Boby Wanipedes.id

Post a Comment for "Alumni SMPN 4 Banyuwangi Angkat Bicara Terkait Kejadian Kekerasan di Sekolah"

Mediaku