WANIPEDES

DANLANAL BANYUWANGI BUKA LOMBA PERAHU LAYAR FESTIVAL KETAPANG 2023

TNI AL, Lanal BANYUWANGI.
Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banyuwangi Letkol Laut (P) Indra Nusha R, membuka langsung lomba Perahu Layar dalam rangka Festival Ketapang Tahun 2023. Kegiatan tersebut diselenggarakan Pemerintah Desa Ketapang yang dilaksanakan di Pantai Ketapang Timur Hotel Banyuwangi Beach Jl. Raya Sutubondo Ketapang Banyuwangi. Minggu (15/10/2023).


Pembukaan lomba ditandai dengan penembakan pistol suar oleh Danlanal Banyuwangi, Kegiatan lomba tersebut diikuti 74 peserta, yang berasal dari Banyuwangi dan Bali. Adapun rute lomba Start Pantai Ketapang Banyuwangi melintas Selat Bali, Pelabuhan Gilimanuk Bali dan kembali ke Pantai ketapang Banyuwangi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasatpolair Polresta Banyuwangi Kompol Mashyur Ade, Paspotmar Lanal Banyuwangi Kapten Laut (KH) Rianto, S.H., Danramil Kalipuro Kapten Cba S. Susanto, KSOP Tanjungwangi yang diwakili Wage Mulyono, S.H, Sekcam Kalipuro Astorik, S.Sos, Lurah Ketapang Slamet Utomo dan Forkopimca Kalipuro serta undangan lainnya.


Dalam sambutannya Danlanal Banyuwangi mengatakan, "untuk mengantisipasi terjadinya laka laut pada saat pelaksanaan lomba perahu layar, kami sudah menerjunkan Rigid Hull Inflatable Boat (RHIB) sebagai unsur Search and Resque (SAR) untuk mendukung pengamanan kegiatan lomba perahu layar ini, dengan harapan pelaksanaan lomba ini berjalan dengan aman dan lancar", ungkapnya.

Lebih lanjut Danlanal Banyuwangi menambahkan bahwa Lanal Banyuwangi akan menyelenggarakan lomba perahu layar dalam rangka HUT Armada RI yang direncanakan pada tanggal 3 Desember 2023 dengan harapan lomba perahu layar yang akan datang tidak hanya diikuti peserta dari Banyuwangi saja namun bisa diikuti oleh peserta dari luar daerah Banyuwangi. 

"Dengan adanya lomba perahu layar ini selain untuk melestarikan budaya yang sudah turun temurun juga bertujuan untuk menjaring bibit atlit olah raga perahu layar serta dapat meningkatkan pendapatan UMKM masyarakat Desa Pesisir yang ada di Pantai Ketapang ini", pungkas Danlanal Banyuwangi.

Untuk memastikan keamanan jalannya perlombaan, pada kesempatan tersebut Danlanal Banyuwangi meninjau langsung pelaksanaan lomba dengan menggunakan RHIB yang berpatroli di sekitar area lomba.
(HMS/Yanto)

Post a Comment for "DANLANAL BANYUWANGI BUKA LOMBA PERAHU LAYAR FESTIVAL KETAPANG 2023"

Mediaku