WANIPEDES

Gempa Tektonik M5,0 di Sumba Timur NTT

Gempa Tektonik M5,0 di Sumba Timur, NTT

Pada Kamis, 12 Oktober 2023, pukul 16.30.02 WIB, guncangan gempa tektonik dengan magnitudo M5,0 mengguncang wilayah Pantai Selatan Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Gempabumi ini memiliki parameter yang telah dianalisis oleh BMKG dan terletak di koordinat 10,24° LS; 120,10° BT, tepatnya di laut, sekitar 14 Km arah Barat Laut Karera, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, dengan kedalaman 34 km.

Gempa ini dapat diklasifikasikan sebagai gempabumi dangkal akibat deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault).

Dampak dari gempabumi ini dirasakan di daerah Sumba Timur dengan skala intensitas III MMI, yang berarti getarannya dirasakan nyata dalam rumah dan terasa seperti truk melintas. Namun, yang penting, hasil pemodelan menegaskan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Saat ini, BMKG belum melaporkan adanya gempabumi susulan (aftershock) hingga pukul 16.46 WIB.

Untuk menjaga keselamatan diri dan orang sekitar, masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang belum terverifikasi. Juga, periksa kekuatan dan kerusakan bangunan tempat tinggal Anda akibat gempa. Pastikan informasi resmi hanya berasal dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi, seperti Instagram/Twitter @infoBMKG, website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui aplikasi seluler (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Tetap waspada, dan mari bersama-sama menjaga keselamatan di tengah bencana alam.

Post a Comment for "Gempa Tektonik M5,0 di Sumba Timur NTT"

Mediaku