WANIPEDES

Prajurit Kodam IV/Diponegoro Terima Sosialisasi Netralitas TNI Dalam Pemilu 2024

Prajurit Kodam IV/Diponegoro Terima Sosialisasi Netralitas TNI Dalam Pemilu 2024

WANIPEDES.ID | SEMARANG –
Dalam rangka mewujudkan dan menekankan kembali perihal sikap netral prajurit menjelang berlangsungnya Pemilu 2024, para Prajurit Kodam IV/Diponegoro mengikuti sosialisasi tentang netralitas TNI dalam Pemilu 2024 di Balai Diponegoro, komplek Makodam IV/Dip, Kamis (12/10/2023).

Kegiatan sosialisasi yang juga dihadiri langsung oleh Kababinkum TNI Laksda TNI Kresno Buntoro, S.H., LL.M., Ph.D. ini merupakan perwujudan dari pelaksanaan perintah Panglima TNI guna memastikan seluruh prajurit memahami tentang bagaimana menerapkan netralitas dan mampu menghindari segala hal yang menciderai netralitas TNI selama berlangsungnya proses Pemilu dan Pilkada pada 2024. 

Selanjutnya dalam sosialisasi ini juga memberikan pedoman berkaitan tentang batasan dan ketentuan ketika dilibatkan dalam tugas pengamanan Pemilu dan Pilkada agar prajurit tetap berada pada jalur yang benar sesuai peraturan yang berlaku. Kegiatan sosialisasi disampaikan oleh pemateri dari Tim Babinkum TNI dan Pusterad.

Dalam sambutan Pangdam yang dibacakan oleh Irdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Yudi Pranoto disebutkan bahwa kegiatan sosialisasi kepada seluruh Prajurit tentang netralitas TNI ini bertujuan sebagai pedoman dalam menghadapi tugas pengamanan selama digelarnya proses Pemilu dan Pilkada di 2024 mendatang.

Selain itu prajurit TNI juga ditekankan agar tidak memihak salah satu partai politik, tidak memberikan fasilitas TNI kepada Parpol, tidak memberikan arahan kepada anggota keluarga yang memiliki hak pilih, tidak berfoto dengan simbol jari tertentu, dan tidak memberikan tanggapan apapun tentang hasil survey quick count. Para prajurit juga harus menjaga dirinya agar tetap netral dengan lebih bijak ketika ber-medsos dengan tidak memberikan komentar atau unggahan berkaitan dengan berlangsungnya proses Pemilu dan Pilkada nantinya.

Dalam kesempatan yang sama Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Richard Harison, S.I.P. menyampaikan bahwa seluruh Prajurit Kodam IV/Diponegoro bersama dengan Polri dan Instansi terkait siap mengamankan Proses Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 dengan tetap menjunjung tinggi netralitas TNI. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Direktur Pusat Informasi Teritorial (Dir PIT) Pusterad Brigjen TNI Agus Prasetyo Ari Wibowo, para Pamen Ahli Pangdam, para Danrem, Kabalak, Dandim, Danyon dan peserta anggota dari masing-masing satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro. (Pendam IV/Diponegoro)

Post a Comment for "Prajurit Kodam IV/Diponegoro Terima Sosialisasi Netralitas TNI Dalam Pemilu 2024"

Mediaku