WANIPEDES

Suparman Edy Terima Aduan Dari Warga Yang Tidak Pernah Dapat Bantuan

Suparman Edy terima aduan dari warga yang tidak pernah dapat bantuan
Langkah Tegas Suparman Edy Hadapi Keluhan Warga (Foto Dok. Yanto)

WANIPEDES.ID, BANYUWANGI.
Beberapa program bansos (Bantuan Sosial) yang disalurkan untuk rakyat memang sengaja digelontorkan oleh pemerintah sebagai komitmen untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan di Indonesia. Pemerintahan Desa Kebaman menyalurkan bantuan kepada salah satu warga, Titin Triyani, yang berdomisili di RT 01/RW 08 Dusun Srono. 

Sebelumnya, Titin mengadu langsung kepada Anggota DPRD Banyuwangi, Komisi IV, Suparman Edy, yang datang tiba-tiba tanpa basa-basi.


Seorang wanita paruh baya, Titin Triyani, warga Dusun Srono, Desa Kebaman, Kecamatan Srono, Banyuwangi, tiba-tiba datang mengadukan nasibnya yang tidak pernah mendapat bantuan dari desanya. Ia menceritakan keluh kesahnya kepada Suparman Edy, salah satu anggota DPRD Banyuwangi, Komisi 4.

Perlu diketahui, "secara tiba-tiba warga tersebut langsung nyelonong masuk, padahal di kediamannya Dewan lagi banyak tamu, termasuk rekan-rekan wartawan yang saat itu sedang klarifikasi untuk bahan pemberitaan," pada Rabu, 11 Oktober 2023.

Dalam aduannya, Titin Triyani, warga RT 01/RW 08 Dusun Srono Desa Kebaman, mengungkapkan bahwa dirinya tidak pernah mendapat bantuan. "Maka dari itu, tujuan kami dari rumah ingin menyampaikan keluhan langsung ke Parman. Kalau saya ini betul-betul warga kurang mampu, untuk ekonomi dan pendapatan sangat minim. Suami saya bekerja sebagai buruh dengan penghasilan Rp 55.000 per hari, sedangkan saya juga punya anak sekolah yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Penghasilan segitu untuk kebutuhan keluarga tidak cukup sama sekali," cerita Titin kepada Suparman Edy.

Suparman Edy terima aduan dari warga yang tidak pernah dapat bantuan
Perjuangan Titin Triyani kepada Anggota DPRD BANYUWANGI (Foto Dokumentasi Yanto)

Anggota DPRD Banyuwangi dapil dua, Suparman Edy, setelah selesai mendengarkan semua keluhan dari warga, sempat menanyakan identitas Titin. Sebagai langkah untuk membantu Titin, mengingat Suparman juga seorang wakil rakyat, ia merasa punya tanggung jawab dan melihat keluhan warga.

Suparman juga mencoba menggali serta menelisik lebih jauh sejauh mana psikologis Titin. Ia khawatir Titin mengalami gangguan psikis atau sejenisnya. Setelah mengetahui kondisi mental dan jiwa Titin, Suparman memaparkan kepada Titin bahwa dirinya akan berusaha membantu minimal dengan menemui pejabat pemerintah desa sebagai langkah awal atau preventif internal. Hal ini agar masalah warga seperti ini bisa segera ditangani oleh Pemdes Kebaman.

"nanti kita akan menemui Pemdes Kebaman. Jika belum terverifikasi di data SIAK, kan ada solusi yang bisa diprogram melalui Dana Desa (DD) sebelum aduan warga ini menjadi pembahasan evaluasi pada rapat di Dewan Perwakilan Rakyat," tegasnya Parman kepada Titin.

Sementara Kepala Pemerintahan Desa Kebaman, Alif Burhanudin, melalui Kepala Dusun Srono, Agus, saat didatangi oleh awak media wanipedes.id, di rumahnya menyampaikan terima kasih atas informasinya. "Langkahnya nanti akan saya teruskan ke Pemerintah Desa agar cepat ditangani dan warga tersebut akan kami undang untuk mendengarkan keluhannya," ucap Agus.

Masih lanjut Agus pada Jum'at, 13 Oktober 2023, bahwa warga sudah kami undang ke kantor desa, dan Pemdes Kebaman sudah merespon semua aduan dari saudari Titin. Mereka juga menyalurkan bantuan sembako berupa beras dengan kemasan 10 kg per satu karung beras. Tutup. (Yanto)

Post a Comment for "Suparman Edy Terima Aduan Dari Warga Yang Tidak Pernah Dapat Bantuan"

Mediaku