WANIPEDES

Fogging di Dusun Rimpis, Desa Sumbersari: Upaya Bersama Melawan Demam Berdarah


SUMBERSARI, BANYUWANGI. WANIPEDES.ID —
Dalam upaya melawan maraknya penyakit Demam Berdarah (DB) yang telah menjadi momok bagi warga, Dusun Rimpis RT01 RW01, Desa Sumbersari mengadakan kegiatan fogging pada tanggal 14 Juni 2024. Kegiatan ini dilaksanakan atas prakarsa masyarakat dengan anggaran swadaya yang dipimpin oleh Ketua RT, Bapak Hadi.

Demam Berdarah yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti, telah menunjukkan peningkatan kasus di wilayah tersebut dalam beberapa bulan terakhir. Menyikapi hal ini, warga Dusun Rimpis bersatu padu untuk menggelar aksi fogging sebagai langkah preventif demi menjaga kesehatan dan keselamatan komunitas.

Bapak Hadi, selaku Ketua RT01 RW01, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan hasil dari kesadaran dan inisiatif warga yang peduli terhadap lingkungan dan kesehatan bersama. "Kita semua menyadari pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan langkah-langkah pencegahan. Fogging ini adalah salah satu cara efektif untuk meminimalisir populasi nyamuk pembawa virus dengue," ujarnya.

Kegiatan fogging dimulai sejak pagi hari, dengan menyasar area-area yang menjadi sarang nyamuk, seperti selokan, taman, dan tempat penampungan air. Para warga juga diajak untuk membersihkan lingkungan rumah masing-masing dan menutup rapat tempat-tempat yang bisa menjadi genangan air.

Antusiasme warga sangat terlihat dalam kegiatan ini. Mereka dengan sukarela memberikan kontribusi dana dan tenaga demi terlaksananya fogging. Salah seorang warga, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas inisiatif ini. "Kami merasa lebih tenang dengan adanya fogging ini. Semoga upaya bersama ini bisa mengurangi kasus demam berdarah di kampung kami," katanya.

Selain fogging, Bapak Hadi juga mengingatkan warga untuk terus menjaga kebersihan lingkungan dan rutin memeriksa tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Edukasi mengenai pencegahan DB juga diberikan kepada warga, termasuk pentingnya 3M Plus: Menguras, Menutup, Mendaur ulang, dan Plus tindakan pencegahan lainnya.

Kegiatan fogging di Dusun Rimpis ini diharapkan menjadi contoh bagi daerah lain untuk melakukan tindakan preventif serupa dalam menghadapi ancaman penyakit demam berdarah. Dengan kebersamaan dan kesadaran kolektif, diharapkan angka kasus DB dapat ditekan dan kesehatan masyarakat terjaga.

Pewarta: [Heri]

Post a Comment for "Fogging di Dusun Rimpis, Desa Sumbersari: Upaya Bersama Melawan Demam Berdarah"

Mediaku