WANIPEDES

Jelang Berangkat ke Madinah, Jamaah Haji Banyuwangi Laksanakan Thawaf Wada'


BANYUWANGI – Menjelang keberangkatan ke Madinah, Jamaah Haji Kabupaten Banyuwangi yang tergabung dalam kloter SUB-58 melaksanakan Thawaf Wada', pada Kamis (27/06/2024). Khusus bagi Jamaah Lansia difasilitasi dengan menggunakan Golf Cart.

Ketua Kloter SUB-58 Syafaat menyampaikan, bahwa tarif untuk Thawaf dengan menggunakan fasilitas Golf Cart sebesar 50 SAR. Sedangkan untuk petugas kloter yang mendampingi Jamaah Haji Lansia dalam menjalankan Thawaf wada yakni Pembimbing Ibadah (Binbad) H. Muklis dan dokter kloter dr. Hj. Zuwwidatul Husna.

"Bagi Jamaah Haji yang tidak membutuhkan bantuan, kita laksanakan pada Jumat malam yaitu menjelang keberangkatan ke Madinah," kata Syafaat.

Lebih lanjut, Syafaat menjelekkan bahwa sebelum para Jamaah Haji Lansia menaiki mobil golf, petugas kloter terlebih dahulu memberikan pengajaran tentang dimulainya thawaf wada'.

"Bukan hanya Binbad yang mengajarkan bagaimana Do'a Wada', tetapi dokter kloter juga memandu dan membimbing pelaksanaan ibadah," imbuhnya.

Setelah melaksanakan Thawaf Wada', Jamaah Lansia melanjutkan dengan menjalankan sholat sunah dua raka'at yang diakhiri dengan membaca Do'a Wada', yang dipandu langsung oleh H. Muklis selaju Binbad SUB-58.

"Dengan melaksanakan Thawaf Wada' ini, maka seluruh ritual Ibadah Haji bagi Jamaah Haji Lansia Kloter SUB-58 sudah selesai," tutup Syafaat.

Selanjutnya, seluruh Jamaah Haji Banyuwangi akan menuju ke Madinah untuk ziarah ke tempat-tempat bersejarah yang ada di Kota Madinah dan sekitarnya.

Seluruh Jamaah Haji Lansia merasa sangat senang dan terbantu, dengan adanya program petugas kloter yang mengantar dan memandu dengan menggunakan Golf Cart, yang tarifnya jauh lebih murah dibandingkan jika harus didorong menggunakan kursi roda.


Septian

Post a Comment for "Jelang Berangkat ke Madinah, Jamaah Haji Banyuwangi Laksanakan Thawaf Wada'"

Mediaku