WANIPEDES

Kebakaran Di Pabrik Produksi Sabut Kelapa PT Sumber Makmur Bhakti Mulya Di Desa Mangir, Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi


Mangir - Banyuwangi

Diketahui lokasi kebakaran itu di Desa Mangir, Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Dalam melakukan proses pemadaman api di pabrik sabut kelapa itu, petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Banyuwangi membutuhkan waktu selama 8 jam.

Api baru dapat benar-benar dipadamkan petugas pada pukul 22:00 WIB, Senin (3/6/2024). Dalam proses pemadaman api dikerahkan sebanyak sepuluh unit truk pemadam kebakaran.

Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Banyuwangi Yoppi Bayu Irawan mengatakan kebakaran yang melanda pabrik produksi sabut kelapa itu akhirnya dapat teratasi.

"Kami melakukan penyemprotan sumber api di area seluas 1 hektar," ujarnya pada Selasa (4/6/2024)

Yoppy mengatakan sabut kelapa yang mengalami kebakaran tidak hanya yang kering saja, namun juga yang basah juga ikut terbakar.


"Karena sabut kepala itu mudah terbakar maka api dengan cepat menjalar ke seluruh area penjemuran," ungkapnya pada awakmedia.

Selain membakar sabut kelapa di area penjemuran, api juga melahap habis satu unit truk yang digunakan untuk alat angkut.

"Ada satu unit truk juga terbakar dalam insiden tersebut," terangnya.

Petugas juga sudah mengevakuasi satu korban yang merupakan sopir truk. Korban mengalamia luka bakar di tangan akibat mengambil dompetnya yang tertinggal di dalam truk.
"Satu korban sudah kami evakuasi dan dirawat di RS NU Mangir," paparnya.

Sementara itu, Yoppi mengatakan belum dapat merinci kerugian materil akibat kebakaran yang terjadi di PT Sumber Makmur Bhakti Mulya tersebut.

"Belum dapat kami konfirmasi terkait kerugian materil akibat kebakaran itu," ungkap Yoppi.
Total ada sebanyak 60 ton sabut kelapa kering yang terbakar dan 10 ton sabut kelapa basah.

Sementara untuk penyebab kebakaran diduga dari korsleting truk angkutan sabut kelapa tersebut.

Saat muatan diturunkan, api langsung menyebar dan membakar habis seluruh sabut kepala yang dijemur.

"Dugaan penyebab kebakaran dari korsleting kelistrikan truk yang menjadi alat angkut milik PT Sumber Makmur Bhakti Mulya," pungkas Yoppi Bayu Irawan.

Boby - Septian

Post a Comment for "Kebakaran Di Pabrik Produksi Sabut Kelapa PT Sumber Makmur Bhakti Mulya Di Desa Mangir, Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi"

Mediaku