WANIPEDES

Kegiatan Psikoedukasi di Ponpes Putri Al Kausar: Cegah Kekerasan Seksual, Bullying, dan Tingkatkan Motivasi Belajar



Srono, Banyuwangi —
Pondok Pesantren Putri Al Kausar di Desa Sumbersari, Dusun Pekiringan, Srono, menyelenggarakan kegiatan psikoedukasi yang bertujuan untuk mencegah kekerasan seksual, bullying, dan meningkatkan motivasi belajar bagi para santriwatinya. Acara ini diadakan pada hari Rabu malam dan dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kanit Binmas Aipda Beny Sukma D, Bhabinkamtibmas Aipda Andhika S, konselor dari Polresta Banyuwangi, pengasuh ponpes, para ustadzah, serta 180 santriwati.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 18.30 WIB dan berlangsung hingga pukul 20.00 WIB. Tim konselor dari Polresta Banyuwangi memberikan edukasi yang mendalam tentang pencegahan kekerasan seksual dan bullying, serta memberikan motivasi untuk belajar. Sesi ini mencakup berbagai kegiatan yang menarik, termasuk motivasi, edukasi, dan tanya jawab interaktif.

Aipda Beny Sukma D, selaku Kanit Binmas, menjelaskan pentingnya kegiatan ini dalam menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung bagi para santriwati. "Kami ingin memastikan bahwa para santriwati memiliki pengetahuan yang cukup untuk melindungi diri dari kekerasan seksual dan bullying. Selain itu, kami juga ingin mereka termotivasi untuk belajar dan meraih prestasi," ujarnya.

Para konselor menekankan beberapa poin penting dalam psikoedukasi ini, antara lain:

1. Cara mengenali dan menghindari situasi berisiko terkait kekerasan seksual.
2. Jenis-jenis dan karakteristik bullying serta cara menghadapinya.
3. Strategi meningkatkan motivasi belajar di lingkungan pesantren.

Sesi tanya jawab memberikan kesempatan bagi para santriwati untuk mengajukan pertanyaan dan berdiskusi langsung dengan para konselor. Salah satu santriwati mengungkapkan, "Saya jadi lebih paham tentang bagaimana melindungi diri dari kekerasan seksual dan bullying. Kegiatan ini sangat membantu."

Pengasuh Ponpes Putri Al Kausar juga mengapresiasi kegiatan ini. "Psikoedukasi ini sangat penting untuk membekali para santriwati dengan pengetahuan dan keterampilan yang mereka butuhkan. Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan secara rutin," katanya.

(Akbar)

Post a Comment for "Kegiatan Psikoedukasi di Ponpes Putri Al Kausar: Cegah Kekerasan Seksual, Bullying, dan Tingkatkan Motivasi Belajar"

Mediaku