WANIPEDES

Kemenkominfo RI Gelar Temu Influencer di Banyuwangi: Mengupas Kemajuan Pembangunan IKN


Banyuwangi – Pembangunan infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) terus dilakukan pemerintah pusat. Tenaga Ahli Pimpinan Bidang Kerjasama dan Ekonomi Kreatif Otorita IKN, Panji Himawan memaparkan sejumlah perkembangannya di Banyuwangi. 

Panji hadir sebagai narasumber dalam acara Temu Influencer membahas "Sudah Sejauh Mana Pembangunan IKN" yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI di Banyuwangi, Kamis (13/6/2024). Sedikitnya 100 influencer setempat hadir dalam acara tersebut dan mendapatkan informasi terbaru tentang progres pembangunan IKN.

Panji menjelaskan, IKN merupakan simbol kebesaran bangsa Indonesia yang dibangun menjadi ibukota yang inklusif, hijau, smart, dan berkelanjutan dengan mencerminkan identitas nasional.

“IKN dibangun menjadi sebuah kota hutan yang cerdas dan berkelanjutan (smart and sustainable forest city). Ini mungkin akan menjadi satu-satunya di dunia,” kata Panji.

Tujuan pembangunan IKN, imbuh Panji, bukan hanya sekadar membangun kawasan perkantoran pemerintah tetapi juga pengembangan sektor ekonomi prioritas.

“Jadi bukan hanya memindahkan Ibu Kota Negara tapi juga membuat pusat ekonomi yang baru. Namun ini bukan pembangunan yang instan. Ini adalah rencana jangka panjang dan bertahap yang ditargetkan rampung pada 2045 mendatang,” ujarnya.

Panji menyebut, beberapa progres sudah terlihat dalam pembangunan IKN. Hingga Maret 2024 sudah terbangun gedung istana negara, 4 kantor kemenko, serta beberapa fasilitas pendukung lainnya. Lapangan di kawasan inti pusat pemerintahan juga sudah rampung. Lapangan ini rencananya akan digunakan untuk upacara pertama peringatan HUT Kemerdekaan RI di IKN.

Hingga akhir 2024, pemerintah juga fokus membangun infrastruktur dasar utama, seperti penyediaan air minum, ketenagalistrikan, TIK, pengelolaan sampah, dan air limbah.

“Akan ada perpindahan awal pada September 2024 mendatang. Rencananya, sebanyak 3.800 ASN akan pindah ke IKN,” urainya.

Setelah infrastruktur dasar utama rampung, akan dilanjutkan dengan pembangunan tahap kedua (2025-2029). Pada tahap ini akan dibangun fasilitas pendukung seperti mall, hotel, kantor Bank Indonesia, hingga Rumah Sakit. Pembangunan akan terus dilakukan bertahap hingga 2045.

Sementara itu, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemenkominfo RI, Septriana Tangkary, berharap informasi terkait progres pembangunan IKN ini bisa tersebar secara luas kepada masyarakat.

"Dengan acara ini, harapan kami publik bisa mengetahui perkembangan pembangunan IKN yang sedang dilakukan," kata Septriana.

Acara Temu Influencer tersebut juga menghadirkan sejumlah narasumber lain. Di antaranya, Direktur Bina Penataan Bangunan Kementerian PUPR, Cakra Nagara; content creator dunia konstruksi Indonesia, Wawan Puji Siswanto; serta Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Banyuwangi, Budi Santoso.


Boby

Post a Comment for "Kemenkominfo RI Gelar Temu Influencer di Banyuwangi: Mengupas Kemajuan Pembangunan IKN"

Mediaku