WANIPEDES

Pengukuhan Ormas Macan Asia di Genteng, Inilah Awal Sejarah Lahirnya Kepengurusan Ormas Macan Asia Kecamatan Genteng

Banyuwangi
- Genteng merupakan wilayah kecamatan yang berada di bawah naungan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Kecamatan ini terdiri dari lima desa dan banyak tokoh aktivis yang bermunculan dari partai politik, media, organisasi masyarakat (ormas), serta lembaga lainnya.

Hal ini dibuktikan dengan pengukuhan pengurus Ormas Macan Asia di Kecamatan Genteng. Tepatnya pada hari Rabu, 26 Juni 2024, di Dusun Temurejo, Desa Kembiritan, Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pengurus Ormas Macan Asia tingkat Kabupaten Banyuwangi melaksanakan pembentukan pengurus tingkat Kecamatan Genteng.

Pelaksanaan pembentukan tersebut dipandu langsung oleh Solikin, Sekjen pengurus tingkat Kabupaten Banyuwangi. Acara ini dihadiri oleh Koordinator Wilayah (Korwil) dari Kecamatan Sempu, Gambiran, Songgon, Glenmore, Tegalsari, serta tokoh pemuda Desa Kembiritan.

Dalam sambutannya, Solikin menjelaskan bahwa Ormas Macan Asia merupakan salah satu ormas berbadan hukum yang jelas, serta memiliki tujuan mulia, yaitu peduli terhadap kesusahan masyarakat. Solikin juga menegaskan bahwa jika ketua yang terpilih tidak menunjukkan prestasi dalam menjalankan tugasnya, ia bisa digantikan oleh anggota lain yang lebih kompeten dalam memimpin Ormas Macan Asia di Kecamatan Genteng ini. Solikin juga berpesan agar Kartu Tanda Anggota (KTA) tidak disalahgunakan, dan jika terjadi penyalahgunaan, anggota yang melakukannya akan dicoret dari keanggotaan dan KTA-nya akan ditarik.





Pembentukan kepengurusan yang dimulai pukul 3 sore ini banyak diwarnai oleh adu argumen antar peserta rapat dalam menyelaraskan pilihan posisi Ketua, Sekjen, dan Bendahara. Saat situasi rapat kurang kondusif, Maskur, salah satu anggota rapat, mengusulkan agar penentuan posisi KSB dilakukan melalui voting dari hak suara anggota rapat yang berasal dari Kecamatan Genteng.

Cara tersebut membuahkan hasil dengan terpilihnya Rudi Hartono sebagai Ketua, T. Purno Ribowo sebagai Sekretaris, dan Pranko Wijaya sebagai Bendahara. Untuk sementara ini, Ormas Macan Asia Kecamatan Genteng bermarkas di beskem media Suluh Nusantara News yang beralamatkan di Dusun Temurejo RT 1 RW 1, Desa Kembiritan, Kecamatan Genteng, Banyuwangi, Jawa Timur.

Rudi Hartono menjelaskan kepada awak media setelah terpilihnya dirinya sebagai ketua bahwa ini merupakan amanah yang berat, tetapi ia yakin bisa membawa Ormas Macan Asia ke hati rakyat. Rudi juga menjelaskan bahwa setelah kepengurusan di Kecamatan Genteng selesai, mereka akan menyentuh kecamatan lainnya. Mereka diberi tugas membentuk kepengurusan di tujuh kecamatan wilayah barat.

Rudi juga berharap semua anggota Ormas Macan Asia yang ada di Kabupaten Banyuwangi, khususnya di Kecamatan Genteng, bisa rukun dan bersatu untuk membantu permasalahan yang ada di lapisan masyarakat. Misalnya, membantu masyarakat yang kesulitan dalam urusan di bidang pendidikan, kesehatan, dan lain-lain.

Di tempat terpisah, Rahayu, salah satu warga, sangat berharap dengan adanya Ormas Macan Asia bisa membantu dirinya dalam negosiasi penyelesaian di salah satu KSP di Kecamatan Genteng. Ia menjelaskan bahwa jumlah pelunasan semakin membengkak karena sudah lama tidak diangsur akibat himpitan ekonomi yang dialami keluarganya.

Pewarta: Singgih

Post a Comment for "Pengukuhan Ormas Macan Asia di Genteng, Inilah Awal Sejarah Lahirnya Kepengurusan Ormas Macan Asia Kecamatan Genteng"

Mediaku