WANIPEDES

PPS Desa Andaroa Resmi Lantik Petugas Pantarlih, Pastikan Keakuratan Data Pemilih


KONAWE, SULAWESI TENGGARA - Senin, 24 Juni 2024,
Desa Andaroa di Kecamatan Sampara, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, menyelenggarakan acara pelantikan dua orang petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih). Acara tersebut dimulai pukul 08.30 WIB dan bertempat di Balai Desa Andaroa.

Pelantikan ini dihadiri oleh petugas Pantarlih terpilih, sekretariat Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Andaroa, serta aparat desa setempat. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan diakhiri dengan pembacaan doa.

Pantarlih, yang dibentuk oleh PPS, memiliki tugas penting dalam proses pemilu, yakni melakukan pemutakhiran data pemilih. Setelah resmi dilantik, para petugas Pantarlih akan bertugas di masing-masing TPS untuk memastikan data pemilih yang akurat dan terbaru. Tugas ini sesuai dengan peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 8 Tahun 2022.


Adapun tugas utama Pantarlih meliputi:

  1. Membantu KPU kabupaten/kota, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan PPS dalam menyusun dan memutakhirkan data pemilih.
  2. Melaksanakan pencocokan dan penelitian data pemilih.
  3. Memberikan bukti terdaftar kepada pemilih.
  4. Menyampaikan hasil pencocokan dan penelitian kepada PPS serta melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh KPU, PPK, dan PPS sesuai ketentuan perundang-undangan.

Selain itu, Pantarlih juga bertanggung jawab untuk berkoordinasi dengan PPS dalam menyusun daftar pemilih hasil pemutakhiran serta menyampaikan laporan pelaksanaan pencocokan data kepada PPS.

Dengan dilantiknya dua orang petugas Pantarlih ini, diharapkan proses pemutakhiran data pemilih di Desa Andaroa dapat berjalan dengan lancar dan akurat, sehingga pelaksanaan pemilu mendatang dapat berlangsung dengan lebih baik dan tertib.

Post a Comment for "PPS Desa Andaroa Resmi Lantik Petugas Pantarlih, Pastikan Keakuratan Data Pemilih"

Mediaku