WANIPEDES

Prosesi Ritual Ganti Jeneng Tuwo" CRISTIAN SABILAL PUSSUNG Berganti Nama Baru SRIE SOEPUTRO JOWO


Tradisi Ganti Jeneng Tuwo biasa dilakukan pada seorang laki-laki yang akan melepas masa lajangnya. Sayangnya, tradisi seperti ini kian ditinggalkan oleh masyarakat jawa, karena dianggap sudah tak sesuai dengan tuntutan zaman Pada umumnya, masyarakat Jawa yang “meninggalkan” tradisi seperti ini biasanya tidak paham atau tidak mengetahui tujuan dan manfaat Ganti Jeneng Tuwo.

Prosesi ritual ganti Jeneng tua atau ganti nama baru yang dilakukan oleh CRISTIAN SABILAL PUSSUNG sapaan akrab gus BILLY berganti menjadi nama barunya yaitu SRIE SOEPUTRO JOWO. 
Prosesi tersebut amat sangat meriah karena di tandai dengan menyantuni ratusan anak yatim piatu sekaligus potong tumpeng yang saksikan oleh para kyai sepuh, para pengasuh ponpes, tokoh ulama, tokoh masyarakar, para ustadz dan ratusan santriwan/santriwati.
Dalam acara tersebut di iringi dengan mengumandangkan sholawatan bersama hadrah LANGIT BERSHOLAWAT dari pondok pesantren Tahfidzul Qur'an yang bertempat di ponpes AL-IKLAS kampung ingris Ketapaan-Rembang-Pasuruan-Jatim. Acara pada hari Kamis: 20/06/2024 
 berlangsung dengan lancar yang di mulai pukul 18.00 wib sehabis magrib sampai selesai. 

Sementara CRISTIAN SABILAL PUSSUNG sapaan akrab gus BILLY dengan ganti nama barunya 
SRIE SOEPUTRO JOWO saat dihubungi awak media melalui sambungan ponsel menyampaikan kalau acara itu memang pergantian nama baru. Dalam istilah Jawa, ada tradisi menurut kepercayaan masyarakat Jawa bahwasanya seseorang yang hidup mempunyai saudara yang menetap dan hidup di dalam dirinya yang biasa di sebut Saudara tua yang tidak tampak secara fisik, namun diyakini keberadaannya. Ucapnya"




SRIE SOEPUTRO JOWO dengan nama barunya menambah ada beberapa yang perlu dilakukan 
di dalam ritual pergantian nama ini juga memohon izin serta doa restu dari Ibu, Bapak, dan saudara tua yang ada di dalam dirinya karena ini juga amat sangat penting. Hal ini bertujuan agar nama barunya kelak selalu bersamanya dan ia akan memperoleh keberkahan.

Beliau juga menjelaskan Makna Ganti Jeneng Tuwo, Leluhur orang Jawa hampir selalu mewariskan tradisi beserta filosofi yang mendalam, salah satunya ialah tradisi Ganti Jeneng Tuwo. Setidaknya, tradisi ini mengandung tiga makna yaitu sebagai pangeling-eling/tanda pengenal, menandai level kehidupan yang lebih tinggi, serta harapan.

Sebuah nama merupakan sematan doa. Hal ini juga berlaku bagi nama tua yang diberikan orang tua terhadap anaknya. Mengisyaratkan doa agar sang buah hati tetap terjaga dalam segala kondisi. Tradisi Ganti Jeneng Tuwo menandai dimulainya babak perjalanan baru dalam kehidupan seorang laki-laki. Pungkas SRIE SOEPUTRO JOWO pada awak media, Kamis: 20/06/2024.

Post a Comment for "Prosesi Ritual Ganti Jeneng Tuwo" CRISTIAN SABILAL PUSSUNG Berganti Nama Baru SRIE SOEPUTRO JOWO"

Mediaku