WANIPEDES

Psikoedukasi di Ponpes Al Mubarok: Cegah Bullying dan Tingkatkan Motivasi Belajar


Banyuwangi, wanipedes.id —
Pondok Pesantren Al Mubarok di desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, menjadi tuan rumah kegiatan psikoedukasi yang bertujuan untuk mencegah bullying dan meningkatkan motivasi belajar di kalangan santri. Acara yang diselenggarakan pada hari Rabu malam ini dihadiri oleh konselor dari Polresta Banyuwangi, Bhabinkamtibmas Desa Jambewangi, pengasuh pondok pesantren, serta 100 santriwan dan santriwati.

Kegiatan ini berlangsung dari pukul 19.00 hingga 21.00 WIB dan melibatkan berbagai sesi edukatif. Konselor Polresta Banyuwangi memberikan materi tentang pencegahan bullying dengan fokus pada jenis-jenis bullying, karakteristik bullying, sikap yang harus diambil ketika menjadi korban, serta risiko hukum bagi pelaku bullying. Selain itu, sesi tanya jawab juga diadakan untuk memberikan kesempatan kepada para santri untuk berbagi dan bertanya tentang masalah yang mereka hadapi.

Menurut penuturan salah satu konselor, tujuan dari psikoedukasi ini adalah untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada para santri tentang dampak negatif bullying, baik bagi korban maupun pelaku. "Kami ingin memastikan bahwa para santri memiliki pengetahuan yang cukup untuk mengidentifikasi dan mengatasi bullying di lingkungan mereka," ujar sang konselor.

Selain sesi edukatif, acara ini juga dilengkapi dengan berbagai permainan yang dirancang untuk meningkatkan solidaritas dan kekompakan di antara para santri. Permainan ini tidak hanya menghibur, tetapi juga mengajarkan pentingnya kerja sama dan saling mendukung satu sama lain.

Pengasuh Ponpes Al Mubarok menyatakan apresiasinya terhadap kegiatan ini. "Kegiatan psikoedukasi ini sangat bermanfaat bagi para santri kami. Dengan adanya informasi yang jelas dan tepat tentang bullying, kami berharap dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan kondusif bagi proses belajar mengajar," kata pengasuh.

Salah satu santriwati yang mengikuti kegiatan ini mengaku mendapatkan banyak pengetahuan baru. "Sekarang saya tahu bagaimana cara mengatasi bullying dan mendukung teman-teman yang mungkin mengalaminya," ujar santriwati tersebut.

(Akbar)

Post a Comment for "Psikoedukasi di Ponpes Al Mubarok: Cegah Bullying dan Tingkatkan Motivasi Belajar"

Mediaku