WANIPEDES

Sujiono: Rumahku Surgaku, Kembali Mewujudkan Bantuan Bagi Masyarakat Kurang Mampu


WANIPEDES.ID, BANYUWANGI. Minggu, 02 Juni 2024 -
Dalam sebuah sabda yang diingat oleh banyak orang, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasalam bersabda: "Sesungguhnya Allah akan menolong hambanya selama hamba itu menolong orang lain." Kata-kata ini tampaknya menjadi pedoman hidup bagi Sujiono, pria berparas sederhana namun berhati mulia, yang selalu memperhatikan masyarakat yang benar-benar kurang mampu.

Sujiono, kelahiran di Dusun Tapaklembu RT/05 RW/03 Desa Temuasri, Kecamatan Sempu, Kabupaten Banyuwangi, dikenal karena kedermawanannya yang patut dicontoh. Kepeduliannya terhadap masyarakat yang membutuhkan selalu menjadi prioritas utama baginya.

Salah satu contoh dari kebaikan hatinya adalah bantuan yang diberikan kepada Mohammad Sayid Gupron, warga berusia 43 tahun yang mendapatkan bantuan rumah dari Sujiono. Bukan sekadar renovasi, Sujiono membangunkan rumah baru untuk Gupron tanpa meminta imbalan apapun. "Saya sangat-sangat bersyukur atas bantuan dari Bapak Sujiono yang tanpa meminta imbalan apapun dari saya," ungkap Gupron.

Orang berhati mulia adalah individu yang senang berbagi dengan orang lain. Sujiono memahami bahwa kebahagiaan sejati tidak dapat ditemukan dalam kepemilikan materi, melainkan dalam memberi kepada orang lain. "Saya tidak ragu dalam memberikan apapun yang saya miliki, baik itu waktu, tenaga, atau harta kepada yang membutuhkan," katanya. Tindakan dermawan Sujiono mencerminkan kekayaan yang sejati, yaitu kekayaan batin dan kebahagiaan yang mendalam.

Tindakan mulia ini dilakukan tanpa harapan imbalan. Sujiono bertindak tanpa pamrih, karena percaya bahwa memberikan bantuan kepada sesama manusia adalah tindakan yang mulia dalam dirinya sendiri. "Saya melihat kebutuhan orang lain sebagai panggilan untuk bertindak, bukan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan pribadi," tambahnya.

Sikap dan kepribadian yang baik ini menjadi sumber inspirasi bagi masyarakat, termasuk kalangan menengah ke atas dan pemerintah setempat. Kemurahan hati Sujiono bukan hanya satu atau dua kali, tetapi telah berkali-kali membangunkan rumah bagi masyarakat yang benar-benar tidak mampu. "Ini bukan terkait dengan motif pribadi, tapi ini dengan hati saya yang tulus," pungkasnya.

Pewarta: Maskur

Post a Comment for "Sujiono: Rumahku Surgaku, Kembali Mewujudkan Bantuan Bagi Masyarakat Kurang Mampu"

Mediaku