WANIPEDES

Beragam Acara Meriahkan Event "Banyuwangi Artweek & SekarKijang Creative Fest 2024"


BANYUWANGI – Beragam acara mewarnai event "Banyuwangi Artweek & SekarKijang Creative Fest 2024" yang merupakan kolaborasi antara Pemkab Banyuwangi dan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Jember. Mulai pameran produk unggulan UMKM hasil binaan BI, festival kuliner, pertunjukan seni budaya, hingga senam bersama.

Seperti yang terlihat pada Minggu pagi (30/06/2024) di Taman Blambangan, ratusan orang mengikuti senam dalam acara Aerobic Fun, membuat area ruang publik di pusat kota Banyuwangi semakin meriah. Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani tampak hadir dalam acara tersebut.

Ratusan warga sudah berkumpul sejak pagi untuk mengikuti Aerobik Fun di Lapangan Taman Blambangan. Bupati Ipuk nampak membaur bersama warga, mengikuti setiap gerakan aerobik yang lincah. Tidak ketinggalan ikut serta Kepala Bank Indonesia Perwakilan Jember Gunawan, Sekretaris Daerah Banyuwangi Mujiono dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah Banyuwangi.

Kegiatan Aerobik Fun ini merupakan rangkaian pameran seni, produk-produk kreatif dan kuliner yang dibungkus dalam Banyuwangi Art Week & Sekarkijang Creative Fest 2024, yang digelar selama tiga hari, pada 28-30 Juni 2024 di area Gesibu Banyuwangi.

Beraneka kreasi para pengusaha lokal Banyuwangi dan kabupaten sekitarnya ditampilkan secara menarik di event ini. Ada ratusan produk dari 56 UMKM binaan BI Jember yang berasal dari Banyuwangi dan wilayah sekitarnya seperti Jember, Bondowoso, Situbondo (Sekarkijang). Di antaranya ada fashion berbahan batik, bahan eco print hingga busana kontemporer. 

Juga tersedia produk aneka makanan olahan seperti aneka kue kering tradisional, olahan buah, ikan, unggas, jamu, gula aren sampai gerai kopi lokal. Selain itu, juga ditampilkan aneka produk kriya seperti furniture dan kerajinan bambu, berbagai produk rajutan, aksesoris dan home decor hingga aneka kerajinan kulit.

“Tahun ini festival kuliner mengangkat Pindang Koyong, makanan khas Banyuwangi yang telah resmi tercatat sebagai Pengetahuan Tradisional (PT) asli Banyuwangi yang masuk dalam inventarisasi kekayaan intelektual komunal (KIK) dari Kemenkumham,” kata Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan, Nanin Oktaviantie.

Selain memfasilitasi UMKM, event ini juga mewadahi kreativitas seni anak-anak muda daerah. Selama tiga hari, pengunjung bisa menikmati pertunjukkan berbagai aksi seni di panggung Gesibu. Mulai dari Pertunjukkan Jazz Patrol, Tari Tradisional, Festival Musik Anak Jalanan, Lomba Menyanyi hingga Lomba Memasak.

“Minggu malam ada penampilan artis Virzha yang siap menghibur para pengunjung,” ujar Nanin.

Untuk diketahui, selama berlangsungnya pameran di Gesibu Blambangan, setiap harinya juga digelar talkshow untuk memberikan wawasan bagi UMKM daerah dengan berbagai tema mulai pemanfaatan media sosial untuk promosi hingga peluang ekspor. 



Boby

Post a Comment for "Beragam Acara Meriahkan Event "Banyuwangi Artweek & SekarKijang Creative Fest 2024""

Mediaku