WANIPEDES

Mitigasi Kesiapsiagaan di SDN 1 Lemahbangdewo : Berkolaborasi Dengan Dinsos, PP dan KB Bersama Dinas Damkar dalam Program BUNGA DESA


BANYUWANGI – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DINSOS PP dan KB) melalui Taruna Siaga Bencana (TAGANA) bersama Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DAMKAR) mengadakan kegiatan mitigasi kesiapsiagaan bencana di SDN 1 Lemahbangdewo, Kecamatan Rogojampi, pada Kamis, 4 Juli 2024.

Kegiatan ini juga bertepatan dengan program Bupati Ngantor di Desa (BUNGA DESA), yang telah menjadi agenda rutin pemerintah daerah Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur.

Acara yang dihelat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat, khususnya ibu- ibu terhadap potensi bencana yang mungkin terjadi di lingkungan mereka. Dalam kegiatan ini, TAGANA memperkenalkan program Tagana Teman Masyarakat (TTM), yang merupakan inisiatif untuk mendekatkan diri kepada masyarakat serta memberikan edukasi terkait langkah-langkah pencegahan dan penanganan bencana.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DAMKAR) juga turut ambil bagian dengan memberikan pelatihan dasar mengenai cara-cara menghadapi situasi darurat, seperti kebakaran dan evakuasi. Para petugas DAMKAR menunjukkan secara langsung teknik-teknik pemadaman api serta penggunaan alat pemadam kebakaran yang benar.

Salah satu tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk membekali ibu- ibu wali murid dan guru dengan pengetahuan serta keterampilan yang diperlukan dalam menghadapi bencana, sehingga mereka dapat bertindak dengan cepat dan tepat saat situasi darurat terjadi. Keterlibatan aktif dari ibu – ibu dalam simulasi dan pelatihan ini diharapkan dapat membangun kesadaran sejak dini akan pentingnya kesiapsiagaan bencana.

Bupati Banyuwangi yang turut hadir dalam kegiatan BUNGA DESA, menyampaikan apresiasinya terhadap kolaborasi antara TAGANA dan DAMKAR. “Kegiatan ini sangat penting dalam membangun budaya sadar bencana di kalangan masyarakat kita, terutama ibu – ibu. Semoga dengan adanya program ini, kita semua dapat lebih siap dan tanggap dalam menghadapi berbagai potensi bencana,” ujar Bupati.

Selain itu, program BUNGA DESA sendiri merupakan salah satu inovasi dari pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat dengan cara berkantor di desa-desa. Program ini tidak hanya sebagai sarana untuk mendengarkan aspirasi dan keluhan warga, tetapi juga sebagai momentum untuk melaksanakan berbagai program yang bermanfaat secara langsung bagi masyarakat, seperti mitigasi bencana.

Dalam hal ini Kadinsos PP dan KB Banyuwangi Henik Setyorini. Ap. M.Si melalui Koordinator Tagana ( KORTAG ) Dedy Utomo. SE menambahkan,” Dengan sinergi antara berbagai pihak ini, diharapkan masyarakat Kabupaten Banyuwangi, khususnya di Kecamatan Rogojampi, semakin sadar dan siap menghadapi bencana. Kegiatan seperti ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan bencana di tingkat lokal.

Kegiatan mitigasi kesiapsiagaan bencana di SDN 1 Lemahbangdewo merupakan langkah nyata pemerintah daerah dalam melindungi warganya dari ancaman bencana serta membangun ketahanan masyarakat yang lebih baik. Semoga kegiatan yang di lakukan oleh teman- teman Tagana dan Damkar dalam giat TTM PLUS dalam program Bunga Desa benar – benar bermanfaat untuk masyarakat Banyuwangi.” Ungkapnya.
Sumber : Pendik



Septian 

Post a Comment for "Mitigasi Kesiapsiagaan di SDN 1 Lemahbangdewo : Berkolaborasi Dengan Dinsos, PP dan KB Bersama Dinas Damkar dalam Program BUNGA DESA"

Mediaku