WANIPEDES

Dalam Nafas Proklamasi ke-78, Pesanggaran Mengenang dan Menyemarakkan Semangat Kemerdekaan

Kemeriahan Peringatan Detik-Detik Proklamasi ke-78 di Lapangan Desa Sumbermulyo, Kecamatan Pesanggaran (Foto Dok. Iptu Lita Kurniawan.S.Sos. M.H.)
Pesanggaran, Wanipedes.id -- Pagi ini, tepat pukul 08.30 WIB, lapangan desa Sumbermulyo kecamatan pesanggaran menjadi saksi sejarah peringatan detik-detik Proklamasi ke-78 Republik Indonesia. Dalam suasana yang khidmat, acara ini dipimpin oleh Drs. R. Agus Mulyono, M.Si, selaku camat pesanggaran yang bertindak sebagai inspektur upacara. Kamis (17/8/2023).

Berkumpulnya kurang lebih dari 1000 peserta upacara, terdiri dari pelajar dan undangan, menciptakan momen yang mengharukan. Sejak awal persiapan pasukan hingga pengibaran bendera merah putih, semangat kebangsaan terpancar dari setiap langkah upacara tersebut.

Lagu-lagu perjuangan yang menggema di lapangan upacara mengingatkan semua hadirin akan perjuangan para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan. Suasana haru semakin terasa saat seluruh peserta mengheningkan cipta dan memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang demi tanah air.
Pesanggaran Menyaksikan Sejarah: Upacara Kemerdekaan yang Mengharukan dan Khidmat (Foto Dok. Iptu Lita Kurniawan.S.Sos. M.H.)
Pukul 09.00 WIB, saat detik-detik Proklamasi dimulai, seluruh peserta upacara dan bahkan pengendara di jalan raya turut serta dalam menghormati momen bersejarah tersebut. Mesin kendaraan dimatikan dan semua berdiri tegak sebagai bentuk penghormatan.

Tidak hanya itu, dalam kesempatan ini, Dalam rangkaian peristiwa bersejarah ini, Aipda Beni Maret dari Polsek Pesanggaran sebagai komandan upacara, Peltu Ikhsan Tni Au Rajekwesi sebagai perwira upacara, dan Amin Muji Lestari dari Staf Kecamatan Pesanggaran sebagai pembawa acara.

Pukul 09.40 WIB, semua rangkaian kegiatan berhasil dilaksanakan dengan aman dan terkendali. Kapolsek Pesanggaran, IPTU Lita Kurniawan, S.Sos, M.H., menyatakan bahwa upacara ini adalah bentuk penghormatan yang sangat berarti bagi seluruh masyarakat. Semangat perjuangan para pahlawan harus terus dijaga dan diteruskan oleh generasi-generasi penerus.

Peringatan detik-detik Proklamasi ke-78 ini menjadi tonggak sejarah yang mengingatkan kita akan arti penting kemerdekaan dan hak-hak yang telah direbut dengan susah payah. Kecamatan Pesanggaran dengan khidmat dan penuh semangat telah menggelar upacara yang membangkitkan rasa cinta tanah air. **(Wirda/ Boby)

Post a Comment for "Dalam Nafas Proklamasi ke-78, Pesanggaran Mengenang dan Menyemarakkan Semangat Kemerdekaan"