WANIPEDES

Desa Tulungrejo Glenmore Rayakan HUT RI ke-78 dengan Janger yang Memukau

Kemeriahan HUT RI: Pemdes Tulungrejo Glenmore Hebohkan Malam dengan Aksi Janger yang Meriah
Glenmore, Banyuwangi | Wanipedes.id - Desa Tulungrejo meriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 dengan memukau masyarakat melalui pagelaran seni Janger yang megah. Pada pukul 21.00 WIB, lapangan sarana olahraga (Sorga) Wadung Pall, Kecamatan Glenmore, menjadi saksi kesenangan dan semangat patriotisme yang membara.

Acara yang digelar Senin, 28 Agustus 2023, turut dihadiri oleh beberapa tokoh penting, seperti Kapolsek Glenmore, Akp Satriyo Wibowo; Camat Glenmore, Sultoni Munir SE. M SI; Kepala Desa Tulungrejo, M. Iksan; serta Manager Kebun Kandang Lembu, Khubul Mathoni Taqwin STP. Semua berkumpul untuk merayakan momen bersejarah ini dan menghibur masyarakat setelah lama tidak bisa berkumpul akibat pandemi Covid-19.

Suasana malam yang dingin tidak menyurutkan semangat masyarakat yang antusias menyaksikan kesenian Janger yang bernama "Sri Budoyo Pangestu". Kesenian tersebut dipentaskan oleh kelompok seni "Joyo Katwang Anjang-anjang" dari Bongkoran Desa Parijatah Wetan Kecamatan Srono. Judul pertunjukan, "Kendedes Tersikso", sukses membawa pesona dan kekayaan budaya leluhur.

Para Hadirin Dalam Acara Pagelaran Janger Desa Tulungrejo Glenmore

Dalam wawancara dengan media, Kepala Desa Tulungrejo, M. Iksan, menekankan pentingnya menjaga dan melestarikan kesenian Janger sebagai warisan nenek moyang. "Kesenian Janger adalah warisan leluhur nenek moyang yang wajib kita jaga dan dibudayakan biar hidup dimana sekarang ini adalah zaman serba canggih serba modern," ujarnya.

M. Iksan juga berbagi pemikirannya tentang semangat acara tersebut, menyatakan, "Meriahnya malam ini hanya semata-mata ingin menyenangkan warga masyarakat Tulungrejo dan sekitarnya, karena kita udah lama gak bisa nonton bareng-bareng seperti ini dikarenakan wabah virus Covid-19."

Kemeriahan acara Janger berlanjut hingga dini hari, dengan masyarakat yang tetap semangat meski larut malam. Kapolsek Glenmore, Akp Satriyo Wibowo, menambahkan, "warga masyarakat Tulungrejo sangat kondusif sekali saat melihat pagelaran Janger sampai penutupan sekiranya pukul 04.00 Wib walaupun udah mengantuk tapi kenyataannya sangatlah asyik menyenangkan apalagi ditengah-tengah sekitar pukul 01.00an ada lawak yang menghibur biar gak merasa ngantuk." Semua ini menjadikan malam yang dingin menjadi malam yang hangat dan penuh tawa.

Prestasi dan sukses acara ini juga tidak terlepas dari kerja sama dan kontribusi berbagai pihak. Banyak pihak yang turut berperan dalam menjaga ketertiban dan kesuksesan acara ini, seperti Bhabinkanmas Tulungrejo Glenmore (Mahmudi), Babinsa Tulungrejo Glebmore (Didik), staf serta kepala dusun di Desa Tulungrejo, serta Linmas tokoh masyarakat Tulungrejo. Pungkas M. Iksan.

Post a Comment for "Desa Tulungrejo Glenmore Rayakan HUT RI ke-78 dengan Janger yang Memukau"