WANIPEDES

Resepsi Bersih Desa Sumbersewu di Kecamatan Muncar Mencerminkan Kompak Gotong Royong

Acara Resepsi Bersih Desa Sumbersewu di Kecamatan Muncar
Banyuwangi, Jatim. WANIPEDES.ID
--- Desa Sumbersewu, yang terletak di Kecamatan Muncar, menggelar acara resepsi bersih yang berlangsung pada tanggal 13 Agustus 2023. Acara ini menjadi momen yang sangat berarti bagi masyarakat setempat, yang selama ini menjaga tradisi leluhur dengan tekun.

Acara dimulai tepat pukul 19.00, dengan suasana yang penuh semangat nasionalisme saat lagu "Indonesia Raya" dinyanyikan bersama. Sejumlah putri dari Sumbersewu juga turut berpartisipasi dalam acara tersebut dengan menampilkan tarian-tarian yang memukau.

Salah satu aspek penting dalam acara ini adalah pemberian santunan kepada anak yatim. Total 20 anak yatim menerima santunan yang diharapkan bisa memberi manfaat dan kebahagiaan bagi mereka.
Bapak Kepala Desa Arisman dan anak Yatim (Foto Dok. Wirda)
Sambutan dan pandangan dari berbagai pihak turut hadir dalam acara ini. Kehadiran Bapak Camat, ketua BPD (Badan Permusyawaratan Desa), linmas (Perlindungan Masyarakat), bapinpas (Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa), tokoh agama, tokoh masyarakat, serta tokoh pemuda menjadi cerminan dukungan masyarakat terhadap acara ini.

Acara juga dimeriahkan oleh tarian dari pemudi Sumbersewu yang menggambarkan semangat gotong royong dan kebersamaan. Selain itu, ceramah dan tahlil dari KH Marzuki turut memberikan pencerahan dan inspirasi kepada hadirin.

Puncak acara adalah pertunjukan wayang dengan tema "Tumuruning Wahyu Kamulyan Sejati." Pertunjukan ini disajikan oleh dalang Ki Ihwan Dwi Purbocarito Ki dalang muda milenial. Tema tersebut menggambarkan nilai-nilai kearifan lokal yang dijunjung tinggi oleh masyarakat Sumbersewu.
Para Hadirin Acara Bersih Desa Sumbersewu (Foto Dok. Wirda)
Salah satu warga, Mbak Ulfa, merasa terhibur dan bersemangat melihat semua acara yang disajikan dalam resepsi bersih ini. Ia menegaskan bahwa acara ini tidak hanya menjadi hiburan semata, tetapi juga mengandung makna yang mendalam bagi masyarakat setempat.

Dalam wawancara dengan media, Bapak Aris, Kepala Desa Sumbersewu, menjelaskan bahwa resepsi bersih ini merupakan bagian dari tradisi warisan leluhur yang bertujuan untuk menjaga warisan budaya nenek moyang mereka. Setiap tahun, mereka melaksanakan ruwatan atau bersih desa sebagai cara untuk membersihkan diri dari dosa-dosa baik secara lahir maupun batin. Acara ini juga menunjukkan semangat kompak dan gotong royong, yang menjadi landasan utama dalam tema desa mereka.

Dengan kehadiran semua elemen masyarakat, baik dari berbagai agama maupun latar belakang, acara resepsi bersih desa ini mencerminkan kekompakan dan rasa saling mendukung dalam menjaga nilai-nilai budaya. Dukungan dari pemerintah daerah juga memperkuat semangat masyarakat Sumbersewu dalam menjalankan tradisi yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. ***(Wirda/ Boby)

***(Joko Pamungkas)

Post a Comment for "Resepsi Bersih Desa Sumbersewu di Kecamatan Muncar Mencerminkan Kompak Gotong Royong"