WANIPEDES

SMPN 3 Genteng Berlatih Keras Demi Memeriahkan HUT RI Ke-78 dengan Pawai Budaya

SMP Negeri 3 Genteng Berlatih Keras Demi Memeriahkan HUT RI Ke-78 (Foto Dok. Wirda)

GENTENG, Banyuwangi | Wanipedes.id - Semangat peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-78 semakin terasa di SMP Negeri 3 Genteng. Dalam rangka memeriahkan momen bersejarah tersebut, sekolah ini telah menggelar latihan intensif untuk menghadirkan pawai budaya yang tak hanya meriah, tetapi juga untuk melatih jiwa nasionalisme para siswa. Selasa, 29 Agustus 2023.

Dalam visi yang dianut oleh SMP Negeri 3 Genteng, mereka berkomitmen untuk membentuk generasi yang religius, berprestasi, ramah lingkungan, dan berwawasan global. Dengan semangat inilah, pawai budaya dengan tema "Geopark Ijen" dipilih sebagai cara untuk menyemarakkan perayaan HUT RI Ke-78. Kostum-kostum yang menampilkan sejarah, adat, dan tradisi kearifan lokal menjadi daya tarik utama dalam pawai ini nantinya, sebagai upaya nyata untuk membentuk karakter bangsa yang kuat dan berkarakter.

Tak hanya sekadar simbolis, pelaksanaan pawai budaya ini pun memiliki persiapan teknis yang matang, menghadirkan berbagai atraksi dan penampilan yang memukau bagi penonton. Nantinya pemberangkatan dijadwalkan pada pukul 09.00 WIB, dengan rute yang dimulai dari RTH Maron Genteng. Rabu, (30/08/2023).

Partisipasi SMPN 3 Genteng dalam pawai budaya ini sangatlah luar biasa, melibatkan sekitar 590 siswa. Berbagai persiapan telah dilakukan, dengan mengangkat tema budaya Geopark sebagai inti perayaan mereka. Salah satu guru pendamping, Hanafi, menjelaskan bahwa keikutsertaan mereka dalam pawai budaya ini merupakan salah satu cara untuk merayakan HUT RI Ke-78 dengan penuh semangat. Tema Geopark Ijen dipilih sebagai simbol kekayaan budaya dan alam Indonesia yang ingin mereka wujudkan dalam perayaan ini.

Kirab budaya yang diusung oleh SMP Negeri 3 Genteng sangatlah beragam. Dimulai dengan pasukan bendera yang membawa bendera merah putih sepanjang 15 meter, kemudian diikuti oleh kostum (penampilan) gandrung dan penampilan etnis daerah-daerah Indonesia, serta atraksi menarik yang menggambarkan Geopark Ijen. Tak ketinggalan, musik katrol dan kesenian jaranan juga turut memeriahkan pawai ini, menciptakan suasana yang meriah dan penuh semangat.

Dengan persiapan dan semangat yang begitu tinggi, SMP Negeri 3 Genteng siap untuk menyuguhkan pawai budaya yang mengesankan dalam perayaan HUT RI Ke-78. Semoga momen bersejarah ini dapat memberikan inspirasi dan semangat bagi seluruh peserta serta penonton yang hadir. ***(Wirda)

Post a Comment for "SMPN 3 Genteng Berlatih Keras Demi Memeriahkan HUT RI Ke-78 dengan Pawai Budaya"