WANIPEDES

Babinsa beserta Warga Kerja Bakti Bersihkan Aliran Sungai


Licin. BANYUWANGI | WANIPEDES.ID –
Babinsa bersama Warga sekitar Dusun Salakan Desa Banjar, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, melaksanakan kerja bakti membersihkan aliran sungai. Kamis, (21/09/2023)

Kerja bakti juga diikuti Babinsa Banjar Koramil 0825/22 Licin, Serda Eko Prasetyo, Kepala Desa Banjar, Kepala Dusun Salakan, para ketua RT dan RW setempat, serta anggota Karang Taruna.

Serda Eko Prasetyo menjelaskan, salah satu penyebab banjir adalah sampah dan material lain. Sampah yang masuk ke sungai akan menghambat aliran air.

“Apabila ini dibiarkan akan menumpuk di satu titik dan mengakibatkan banjir,” katanya.

Selanjutnya dikatakan, salah satu upaya mencegah terjadinya banjir adalah melakukan pembersihan sampah dan material lain yang menghambat aliran sungai.

Dalam kegiatan tersebut, pihak desa dan warga secara swadaya menyiapkan karung untuk diisi batu kerikil dan pasir yang diambil dari dasar sungai, kemudian dipindahkan untuk menanggul pinggiran sungai agar tidak longsor.

Kerja bakti ini menjadi bukti sekaligus penguatan kemanunggalan TNI dan rakyat.

Juga sebagai implementasi dari pembinaan teritorial (Binter). Dan ini sudah menjadi bagian dari tugas pokok TNI-AD, khususnya Babinsa sebagai ujung tombak aparat teritorial kewilayahan.

Danpos Ramil 0825/22 Licin Peltu Agus Sugiarto Menambahkan “Keberadaan Babinsa sebagai unsur pembina kewilayahan harus bisa mengatasi kesulitan rakyat. Terlebih menyangkut keselamatan warga dari bencana, seperti banjir,” tuturnya.

Post a Comment for "Babinsa beserta Warga Kerja Bakti Bersihkan Aliran Sungai"

Mediaku