WANIPEDES

Caleg Muda Berprestasi! Agung Subastian, Perjalanan Luar Biasa dari Buruh Migran hingga Caleg Gerindra


BANYUWANGI, WANIPEDES.ID -
Agung Subastian, seorang anak keluarga buruh migran, pekerja sosial berpengalaman, dan seorang aktivis, telah menjadi sorotan di Kabupaten Banyuwangi sebagai calon wakil rakyat dari Dapil 5 Nomor Urut 1 yang diusung oleh Partai Gerindra. Lahir dan besar di Dusun Kemloso, Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Agung Subastian memiliki latar belakang dan komitmen kuat untuk mewakili kepentingan warga Banyuwangi.

Agung Subastian, lulusan Sarjana Ilmu Kesejahteraan Sosial dari FISIP Universitas Jember tahun 2015, adalah individu yang berdedikasi tinggi dalam bidang kesejahteraan sosial. Ia juga pernah mengikuti Pelatihan Diplomasi Training Program yang diselenggarakan oleh UNSW Australia dan Serikat Buruh Migran Indonesia pada tahun 2017-2018.

Selama kurun waktu 2016-2023, Agung Subastian telah mengabdi sebagai tenaga kesejahteraan sosial di Kementerian Sosial Program Keluarga Harapan. Namun, pengabdian sosialnya tidak berhenti di situ. Sejak tahun 2016 hingga sekarang, ia juga aktif sebagai seorang aktivis kepemudaan yang tergabung dalam berbagai organisasi seperti Ketua Remaja Masjid Baiturrohim Desa Benculuk, Ketua Karangtaruna Dusun, Ketua PIK-R Merpati Putih, Ketua GP Ansor Ranting Benculuk, dan Sekretaris Umum PAC GP Ansor Cluring.

Agung Subastian juga terlibat dalam perlindungan perempuan dan anak di Kabupaten Banyuwangi. Sejak tahun 2019, ia telah aktif sebagai aktivis sosial di Pusat Pelayanan Perlindungan Perempuan Anak (P2TP2A) Kabupaten Banyuwangi dan menjadi Anggota Satgas Tindak Pidana Perdagangan Orang Provinsi Jawa Timur mewakili SBMI Jawa Timur.


Pengabdian Agung Subastian tidak hanya terbatas pada tingkat kabupaten. Ia juga aktif sebagai Sekretaris Umum SBMI Provinsi Jawa Timur dan Ketua SBMI DPC Banyuwangi, di mana ia membantu buruh migran, keluarganya, dan masyarakat umum untuk memperoleh kesejahteraan melalui advokasi dan pemberdayaan ekonomi.

Selain itu, Agung Subastian juga berperan aktif di struktural Nahdlatul Ulama sebagai Wakil Sekretaris Ranting NU Benculuk 2 dan Bendahara LAZISNU Ranting Benculuk 2 untuk membantu duafa dan yatim di Desa Benculuk.

Salah satu prestasi Agung Subastian yang mencolok adalah menjadi inisiator usulan perda perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Banyuwangi yang saat ini sedang dalam proses pengusulan revisi. Ia juga menjadi inisiator pengusulan Perdes Perlindungan Pekerja Migran Indonesia di Desa Wringinputih dan Sumberberas, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, serta telah berhasil mengorganisir 500 buruh migran di Banyuwangi.

Dengan latar belakang dan pengalaman yang kuat dalam bidang sosial dan perlindungan, Agung Subastian bertekad untuk mengaktualisasikan visi misi Partai Gerindra, H. Prabowo Subianto, dengan tekun menegakkan kebenaran dan keadilan untuk masyarakat Banyuwangi. Pungkas Agung Subastian kepada awak media Wanipedes.id. ***(Wirda Aditia)

Post a Comment for "Caleg Muda Berprestasi! Agung Subastian, Perjalanan Luar Biasa dari Buruh Migran hingga Caleg Gerindra"