WANIPEDES

Danguskamla Koarmada III Buka Latihan Amphibi Super Garuda Shield 2023

Sorong | Wanipedes.id - Komandan Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmada III Laksamana Pertama TNI Tunggul selaku Komandan Satgas Latihan Pendaratan Amphibi Super Garuda Shield 2023 membuka Latihan Amphibi di Ruang Auditorium Puslatkaprang Koarmada II, Surabaya, dimana sebelumnya pada tempat yang sama, Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada II Laksma TNI Edi Haryanto, S.E., membuka Latihan Staf Operasional Super Garuda Shield 2023. (1/09/23).

Dalam sambutannya dikatakan Komandan Guskamla Koarmada III, bahwa latihan bersama yang dikemas pada kegiatan Amphibious Exercise Super Garuda Shield 2023 ini akan berlangsung dari tanggal 31 Agustus hingga 13 September 2023 mendatang, dan tidak hanya diikuti oleh Angkatan Laut dan Angkatan Udara serta pasukan Marinir di wilayah Asia Pasifik namun juga diikuti oleh negara-negara Eropa dan Amerika.


Adapun 17 negara yang ikut bergabung dalam latihan ini di antaranya, Indonesia, Amerika, Australia, Jepang, Singapura, Inggris, Selandia Baru, Kanada, Papua Nugini, Brunei Darussalam, Perancis, Jerman, Filipina, Korea Selatan, Belanda, Jerman, dan Timor Leste.

Lebih jauh Komandan Guskamla Koarmada III menyampaikan bahwa, latihan ini sangat penting dilihat dari dua aspek utama, Pertama, dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan profesional operasi maritim terutama dalam pendaratan amphibi dan operasi darat dan yang Kedua, latihan ini juga memberikan kontribusi terhadap tumbuhnya kerjasama dan interaksi multilateral di kawasan khususnya pada negara-negara peserta latihan dan berbagi keahlian dan pengalaman mereka. 

Latihan semacam ini akan bermanfaat dalam meningkatkan hubungan baik di antara negara-negara di kawasan dan membantu meningkatkan pemahaman yang lebih baik diantara negara peserta latihan, serta mendorong semua peserta latihan untuk memanfaatkan kesempatan ini dalam membina persahabatan baru dan kerjasama yang sudah terjalin, ungkap Komandan Guskamla Koarmada III. **(Tim/Red)

Post a Comment for "Danguskamla Koarmada III Buka Latihan Amphibi Super Garuda Shield 2023"