WANIPEDES

PERINGATI HUT TNI AL KE-78, LANAL BANYUWANGI GELAR PROGRAM KALI BERSIH


Banyuwangi | WANIPEDES.ID - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 TNI Angkatan Laut, Komandan Lanal Banyuwangi yang diwakili Palaksa Mayor Laut (P) Rochmat Abdullah memimpin kegiatan Program Kali Bersih (Prokasih) Nasional yang dilaksanakan di Bantaran Kali Kampung Mandar Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi. Kegiatan tersebut mengusung tema “Dengan semangat Jalesveva Jayamahe, Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. Selasa (5/9/2023).

Kegiatan Prokasih dilaksanakan serentak di 78 titik diseluruh jajaran TNI AL dari Sabang sampai Merauke yang pelaksanaannya dipusatkan di Jakarta Utara tepatnya di Kali Cilincing yang dipimpin Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal). 

Untuk pelaksanaan Prokasih serentak yang dilaksanakan di Banyuwangi diikuti 225 personel yang terdiri dari Prajurit Lanal Banyuwangi yang melibatkan prajurit Kodim 0825/Banyuwangi, Polresta Banyuwangi, Satpol PP, Dinas Pengairan Kabupaten Banyuwangi, dan masyarakat sekitar.


Dalam sambutan Danlanal Banyuwangi yang dibacakan Palaksa, "kegiatan kali bersih merupakan rangkaian HUT ke-78 TNI AL yang diperingati setiap tanggal 10 september dan mengacu program pemerintah langsung KASAL Laksamana TNI Muhammad Ali. Melalui kegiatan Prokasih ini marilah kita bersama-sama tanamkan sejak dini niat baik kita agar mulai sekarang dan seterusnya kita berkomitmen mengurangi buang sampah sembarang baik sampah organik, non organik apabila membuang sampah limbah kealiran sungai untuk itu kita TNI AL bersama jajaran Forkopimda dan elemen masyarakat yang hadir pada hari ini dan seterusnya untuk menjaga kebersihan kali yang ada di Kabupaten Banyuwangi", ungkap Danlanal.

"untuk diketahui Prokasih ini merupakan bagian tugas pokok TNI yang tertuang dalam Undang-Undang nomor 34 Tahun 2004 diantaranya adalah Operasi Militer Selain Perang, dimana TNI berperan membantu tugas pemerintah didaerah untuk mempersiapkan segala potensi nasional dan untuk membangun kesejahteraan rakyat. Diketahui bahwa sampah plastik membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun untuk terurai", jelas Danlanal.

Selanjutnya dalam keterangannya Palaksa Lanal Banyuwangi menambahkan bahwa sebelum dilaksanakan kegiatan Prokasih serentak, Lanal Banyuwangi telah menggandeng Dinas Pengairan Kabupaten Banyuwangi melaksanakan pengerukan sungai sepanjang 300 meter, lebar 3 meter dan kedalaman 2,5 meter yang dikerjakan selama 4 hari. Hasil sampah yang berhasil dikumpulkan sebanyak 1 ton sampah, untuk selanjutnya dibuang ketempat pembuangan sampah.

Post a Comment for "PERINGATI HUT TNI AL KE-78, LANAL BANYUWANGI GELAR PROGRAM KALI BERSIH"