WANIPEDES

Batik, Warisan Budaya Takbenda Indonesia, Terpajang Megah di Museum Batik Indonesia

Batik, Warisan Budaya Takbenda Indonesia, Terpajang Megah di Museum Batik Indonesia

WANIPEDES.ID - JAKARTA -
Museum Batik Indonesia secara resmi dibuka untuk umum di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Senin (1/10/23). Museum ini tidak hanya menjadi wadah untuk menghormati seni tradisional batik yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya takbenda oleh UNESCO pada tahun 2009, tetapi juga sebuah tempat untuk memahami nilai budaya dan filosofi yang terkandung dalam setiap helai kain batik Indonesia.

Batik, dengan keunikan teknik menghias kain dan keindahan motifnya, telah menjadi ciri khas Indonesia yang mendunia. Pengakuan batik sebagai warisan dunia oleh UNESCO adalah sebuah langkah penting dalam melestarikan dan menghormati warisan budaya Indonesia.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Menteri Nadiem Makarim, dalam pidatonya pada peresmian Museum Batik Indonesia, menekankan pentingnya menjaga dan mewariskan tradisi batik serta semua warisan leluhur Indonesia kepada generasi mendatang. Ia mengatakan, "Oleh karena itu, kita punya tanggung jawab untuk memastikan keberlanjutan tradisi batik dan semua warisan leluhur yang kita miliki."

Batik, Warisan Budaya Takbenda Indonesia, Terpajang Megah di Museum Batik Indonesia

Museum Batik Indonesia tidak hanya menjadi tempat penyimpanan kain-kain batik berharga, tetapi juga sebuah pusat pembelajaran yang memungkinkan pengunjung untuk memahami makna filosofis di balik setiap motif batik. Dengan berbagai pameran interaktif, pengunjung dapat merasakan bagaimana batik menjadi cerminan siklus kehidupan manusia Indonesia.

Museum ini juga memiliki koleksi langka batik dari berbagai daerah di Indonesia, menggambarkan kekayaan budaya yang ada di seluruh negeri. Pengunjung akan dapat melihat evolusi desain batik dari zaman ke zaman, serta proses pembuatannya yang rumit.

Dengan Museum Batik Indonesia, Indonesia telah mengambil langkah yang penting dalam melestarikan dan mempromosikan warisan budaya yang kaya ini. Museum ini tidak hanya menjadi tempat untuk menghormati batik, tetapi juga untuk menginspirasi generasi muda untuk mencintai dan melestarikan warisan budaya yang berharga ini. (Kemendikbudristek)

Post a Comment for "Batik, Warisan Budaya Takbenda Indonesia, Terpajang Megah di Museum Batik Indonesia"