WANIPEDES

BLT-DD Batal Diserahkan, Warga Desa Cantuk Resah Merasa Dikibuli

BLT-DD Batal Diserahkan, Warga Desa Cantuk Resah Merasa Dikibuli

WANIPEDES.ID | BANYUWANGI -
Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kembali menjadi sorotan warga Desa Cantuk Kecamatan Singojuruh. Setelah undangan yang disebar Pemerintah Desanya pada tanggal 3/10/2023 kepada para penerima manfaat. Ternyata warga urung mendapatkan haknya sesuai isi undangan yaitu penyerahan BLT-DD yang dilaksanakan pada tanggal 4/10/2023. Hal tersebut membuat sebagian warga Desa Cantuk resah dan kecewa.

Menurut warga Dusun Cantuk Kidul berinisial H saat ditemui awak media pada hari Jum'at (6/10/2023) mengatakan, "terus terang saya baru kali ini mendapatkan undangan BLT dari dana desa (sambil menunjukan undangan). Saat itu hati saya sudah senang tapi kenyataannya setelah kami datang ke Balai desa bersama penerima lainnya, malah pulang dengan tangan hampa. Ngomongnya si Kepala Desa BLT-DD belum cair atau nanti bisa minta ke Sekdes. Tapi sampai saat ini kelanjutannya bagaimana saya belum tahu. Maklum saya baru pertama ini menerima undangan Penyerahan BLT dari dana desa", tegasnya.

Lebih lanjut H mengatakan, "hanya sekedar perkiraan saya saja, apakah mungkin BLT tesebut urung diserahkan karena Si Kepala Desa sudah mau non aktif di sebabkan sebentar lagi ada Pilkades desa Cantuk, di mana dia merupakan calonnya juga ", imbuhnya balik bertanya.

Undangan yang disebar Pemerintah Desa kepada para penerima manfaat

Senada dengan apa yang dikatakan warga Dusun Rampan yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, "yang jelas kami kecewa dengan undangan itu, kita merasa seperti kena prank, bukannya penyerahan BLT-DD yang kita dapat, melainkan disuguhi tontonan pengambilan nomor urut Pilkades. Sementara saat di tanya terkait undangan penyerahan BLT-DD jawabannya gak masuk akal. Yaitu katanya salah ketik dan bilang belum ada pencairan, ini kan lucu, masa sih undangan BLT dari Dana Desa bisa salah ketik, dan seandainya belum ada pencairan, masa sih undangan bisa tersebar dengan menyebutkan waktu, tanggal dan tempat yang jelas serta ditandatangani Kepala Desa. Jadi jangan disalahkan jika ada warga yang menuding bahwa kejadian tersebut ada kaitannya dengan Pilkades", ungkapnya.

Selanjutnya awak media mencoba mengkonfirmasi Sekretaris Desa Cantuk di kantornya. Namun salah satu staf Desa memberitahukan bahwa sang Sekdes sedang berada di luar. Sehingga konfirmasi dilanjutkan melalui telepon selulernya kepada yang bersangkutan, namun hingga berita ini dilansir belum ada jawaban.

Perlu diketahui bahwa Desa Cantuk merupakan salah satu dari 51 Desa yang ditetapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi. Sebagai penyelenggara Pilkades serentak yang di rencanakan pada 25 Oktober 2023 ini. Sudah seharusnya Pemerintah Desa Cantuk tetap menjaga kekondusifan agar masyarakat merasa tentram dan damai.

(Tim)

Post a Comment for "BLT-DD Batal Diserahkan, Warga Desa Cantuk Resah Merasa Dikibuli"

Mediaku