WANIPEDES

Kabar Gembira! Kemarau Kering Diprediksi Berakhir di Akhir Oktober Ini

Kabar Gembira! Kemarau Kering Diprediksi Berakhir di Akhir Oktober Ini

WANIPEDES.ID | JAKARTA -
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Indonesia memberikan kabar gembira bagi masyarakat yang telah lama merindukan hujan. BMKG memprediksi bahwa musim kemarau yang panjang akan berakhir di sebagian besar wilayah Indonesia pada akhir Oktober ini. Awal musim hujan diharapkan akan dimulai secara bertahap sejak awal November 2023.

Meskipun begitu, perlu diingat bahwa awal musim hujan tidak akan terjadi secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Prediksi BMKG menyatakan bahwa puncak musim hujan diharapkan terjadi pada bulan Januari hingga Februari 2024. Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, menjelaskan, "Sesuai prediksi BMKG, puncak dampak El Nino terjadi pada bulan September, namun tadi kami juga menganalisis dari data satelit yang terkini, terlihat Oktober ini nampaknya intensitas El Nino belum turun. Fenomena El Nino ini diprediksi masih akan terus bertahan hingga tahun depan."

Dwikorita juga menambahkan bahwa tingkat El Nino yang moderat akan terus berlangsung hingga Februari-Maret 2024. Awal musim hujan, kata dia, akan terkait erat dengan peralihan Monsun Australia menjadi Monsun Asia. Saat ini, Monsun Asia sudah mulai memasuki wilayah Indonesia, dan ini mengindikasikan bahwa bulan November akan membawa hujan yang dinantikan.

"Saat ini, pengaruh El Nino akan mulai berkurang seiring dengan kedatangan musim hujan, sehingga diharapkan kemarau kering ini akan berakhir secara bertahap. Namun, masyarakat dihimbau untuk tetap waspada dan tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu kebakaran selama bulan Oktober ini, karena kondisinya masih kering," tambah Dwikorita.

Kabar tentang akhir kemarau kering ini tentu menjadi angin segar bagi banyak orang, terutama petani dan sektor pertanian yang telah lama merasakan dampak negatif dari musim kemarau yang berkepanjangan. Semoga prediksi dari BMKG ini menjadi kenyataan dan membawa kebaikan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Tetap waspada dan berhati-hati untuk mencegah kebakaran selama periode transisi ini. (SIARAN PERS BMKG)

Post a Comment for "Kabar Gembira! Kemarau Kering Diprediksi Berakhir di Akhir Oktober Ini"