WANIPEDES

Pangdam Tanjungpura Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Pangdam Tanjungpura Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Kubu Raya, Minggu (1/10/2023) - Kodam XII/Tanjungpura menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 bertempat di Lapangan Tidayu, Makodam XII/Tpr. Upacara dipimpin langsung oleh Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Iwan Setiawan, S.E., M.M.

Upacara dihadiri para Pejabat Utama Kodam XII/Tpr serta LO AL dan AU. Sedangkan upacara diikuti oleh para Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil TNI se-Garnizun Pontianak. Adapun tema yang diusung adalah "Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju".

Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Iwan Setiawan membacakan amanat Panglima TNI mengajak kepada prajurit untuk mendoakan dan mengenang jasa para pahlawan yang telah mempertaruhkan jiwa dan raga mereka demi tegaknya Pancasila. 

"Keteladan mereka harus senantiasa kita contoh 
dan kita ikuti, agar keanekaragaman bangsa 
Indonesia tetap terjaga di tengah gempuran arus 
globalisasi, kemajuan teknologi, dan politik 
identitas," ajaknya.

Mayjen TNI Iwan Setiawan menegaskan, TNI sebagai garda terdepan dan benteng
terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu menjaga dan melindungi Pancasila adalah menjadi tugas bersama. 

"Kita semua memiliki tanggung jawab yang besar untuk terus melestarikan, mempertahankan, dan mempromosikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap tindakan dan sikap kita sehari-hari. Tanpa aksi nyata, mustahil Pancasila bisa tetap bertahan di bumi Nusantara," tegasnya. (Pendam XII/Tpr)

Post a Comment for "Pangdam Tanjungpura Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila"