WANIPEDES

Siapa Jawara Baru? Siapakah Calon Ketua Askab Banyuwangi? Inilah Nama-namanya

Opini: Tantangan Ketua Askab Mendatang
Opini: Tantangan Ketua Askab Mendatang
Tumbangnya Ketua Asosiasi Kepala Desa Banyuwangi (Askab) pada Pilkades Aliyan yang berlangsung beberapa waktu lalu (25/10/2023) menyisakan pertanyaan, siapa yang layak meneruskan perjuangan Askab mendatang serta memungkinkan para Kepala Desa yang masih menjabat akan lebih mudah mendapatkan relasi dan jaringan penghubung lebih luas dalam berinteraksi. Tentu harapannya, Ketua Askab mendatang adalah orang yang terlatih dan berpengalaman mengasah kemampuan di segala bidang, memiliki karakter kepemimpinan yang bisa merangkul semua golongan, serta ide brilian dan inovatif sehingga mampu menginspirasi yang lainnya.

Tugas Ketua Askab memang tidak mudah. Selain mumpuni dalam berdialog dan berkomunikasi, tugas lainnya adalah bisa mengkoordinir terlaksananya program kerja, bertanggung jawab atas jalannya program kerja bersama, mengisi saran dan masukan kegiatan sekaligus permasalahannya, dan yang terberat adalah mampu mengambil keputusan dalam suatu pembahasan sehingga bermanfaat bagi semuanya.

Dalam memegang kendali Askab, Visi dan Misi harus ditekankan pada kepentingan bersama. Karena bagaimanapun, Ketua Askab akan mengalami fase kepentingan yang beriringan dengan memimpin desanya. Maka, diperlukan keseimbangan penuh dalam mengemban tugasnya.

Forum Wartawan Independen Peduli Desa (Wanipedes) sempat membahas siapa Kepala Desa yang dianggap layak menjadi Ketua Askab mendatang. Muncul sejumlah nama, meskipun belum final. Tentunya ada plus minus yang menjadi nilai sempurna. Nama Achmad Mura'i, Nanang Widayat, Riyono, Budiarto, dan Teguh Eko Rahardi masuk dalam radar Wanipedes. Tidak menutup kemungkinan nama-nama tersebut bertambah lagi dari Banyuwangi utara. Siapakah dia? Silakan berkomentar untuk mencari yang tepat. (Joko.P/ Faruk.W)

Post a Comment for "Siapa Jawara Baru? Siapakah Calon Ketua Askab Banyuwangi? Inilah Nama-namanya"

Mediaku