WANIPEDES

BERAS PENYALAI IKON PANGAN DI KABUPATEN PELALAWAN, INI HARAPAN DIRUT PERUMDA TUAH

BERAS PENYALAI IKON PANGAN DI KABUPATEN PELALAWAN, INI HARAPAN DIRUT PERUMDA TUAH

PELALAWAN - (WANIPEDES.ID) -
Untuk meningkatkan pemasaran dan pengelolaan hasil petani Pulau Mendol, yaitu Beras Penyalai, diperlukan Pengembangan Ekonomi Lokal (PEL) yang baik agar produk unggulan Kabupaten Pelalawan bisa berhasil di semua pasar.

Kepada awak media, Kamis (2/10/2023), Direktur Perumda Tuah Sekata, T. Efri Syahputra, S.Sos, menyampaikan bahwa perusahaan Plat Merah milik Pemerintah Kabupaten Pelalawan sangat membutuhkan dukungan dari semua pihak.

"Memasuki penghujung tahun 2023, Perumda Tuah Sekata terus berbenah. Kami sangat membutuhkan dukungan moral dari semua pihak, terutama dalam sektor ekonomi. Pada tahun 2024, kami harus bisa maksimal dalam melakukan pengembangan bisnis, khususnya dengan menambahkan Badan Usaha Baru (BU) dan memaksimalkan pemasaran Beras Penyalai," jelasnya.

Pria asal Kuala Kampar ini melanjutkan dengan mempresentasikan program unggulan Perumda Tuah Sekata dalam mengelola listrik selama 18 tahun. Kemudian, pada periode 2022-2023, manajemen fokus pada pemberdayaan, pemasaran, dan penjualan Beras Penyalai.

"Mulai dari pelantikan saya sebagai Direktur Utama tahun 2020, saya mulai mengedepankan BUMD ini. Pada tahun 2022, bersama manajemen Perumda Tuah Sekata, kami merintis Unit Usaha Baru yaitu Beras Penyalai. Alhamdulillah, merek ini berhasil laku di pasaran," terangnya.

T. Efri Syahputra, S.Sos, mengungkapkan bahwa unit usaha tersebut sangat membutuhkan waktu dan proses. Ia berharap Beras Penyalai bisa menjadi Ikon Pangan di Kabupaten Pelalawan.

"Sebagai informasi, lahan sawah pasang surut (ladang) di Pulau Mendol Kuala Kampar saat ini terafiliasi lebih kurang 4000 Ha, kemudian masih ada 3000 Ha lagi yang bisa kita kembangkan dengan maksimal. Artinya, ini adalah potensi besar dan bisa menjadi branding untuk Kabupaten Pelalawan ke depannya," ungkapnya.

Untuk memajukan unit usaha tersebut, T. Efri Syahputra, S.Sos, menekankan perlunya dukungan dari Pemerintah Daerah, DPRD, dan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Pelalawan.

"Kami sangat membutuhkan dukungan Pemkab di bawah kepemimpinan Bupati H. Zukri, SE, Wabup Nasarudin, SH MH, anggota DPRD, dan masyarakat Pelalawan. Tuah Sekata juga bisa diandalkan untuk mengembangkan usaha di sektor ekonomi masa kini. Jadi, jika bersama-sama, kita akan mampu berinovasi," sebutnya.

Tentunya, T. Efri Syahputra, S.Sos, mengakui kekurangan dalam menjalankan BUMD ini menjadi pelajaran bagi dirinya dan seluruh manajemen.

"Jika ada kekurangan, tentunya akan menjadi rujukan bagi kami agar kami bisa menjadi lebih baik. Yang paling terpenting adalah doa dari seluruh masyarakat Kabupaten Pelalawan agar Perumda Tuah Sekata sukses dalam menjalankan usaha yang sesuai dengan Motto Tuah Negeri Seiya Sekata," tutupnya. (Sum)

Post a Comment for "BERAS PENYALAI IKON PANGAN DI KABUPATEN PELALAWAN, INI HARAPAN DIRUT PERUMDA TUAH"

Mediaku