WANIPEDES

Kades Tambakrejo, Warga Wajib Mendownload Aplikasi Banyuwangi Smart Kampung, Perkembangan Zaman Mempermudah Pelayanan Publik

Kades Tambakrejo, Warga Wajib Mendownload Aplikasi Smart Kampung, Perkembangan Zaman Mempermudah Pelayanan Publik
Kepala Desa Tambakrejo: Nanang Widayat

Warga Banyuwangi patut bangga dengan adanya program Banyuwangi Smart Kampung yang sangat mudah diakses oleh semua masyarakat. 
Banyuwangi Smart Kampung yang dikembangkan di Banyuwangi merupakan program dari pemkab untuk pengembangan desa terintegrasi, memadukan penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi dengan berbagai kegiatan seperti ekonomi produktif, kreatif, peningkatan sektor pendidikan-kesehatan, pelayanan publik, dan upaya pengentasan kemiskinan. Program Banyuwangi Smart Kampung ini, kadang-kadang, menurut masyarakat masih banyak yang belum paham dengan program tersebut, padahal ini adalah suatu terobosan baru untuk mengikuti perkembangan zaman, khususnya pemerintahan secara internasional dan global yang harus dilakukan.

Program Banyuwangi Smart Kampung ini merupakan wujud dari upaya pemerintah Banyuwangi untuk terus berkembang mengikuti perkembangan zaman, dengan tujuan mempermudah pelayanan publik yang sifatnya keterbukaan masyarakat Banyuwangi.

Kepala Desa Tambakrejo, Nanang Widayat, saat ditemui awak media Wanipedes di lokasi rumah Paseban Agung, Tambakrejo, Muncar, menjelaskan bahwa dengan program tersebut, warga dapat mengakses pelayanan publik dengan mudah. Oleh karena itu, harus mendownload aplikasi Banyuwangi Smart Kampung dari rumah. Kecanggihan teknologi program tersebut akan memberikan layanan yang mudah dan memberikan pembelajaran kepada masyarakat tentang bagaimana mengurus administratif kependudukan melalui program tersebut, yang dapat terselesaikan dari rumah. Ucap Nanang.

Masih lanjut, khususnya warga Desa Tambakrejo Muncar, Banyuwangi, bahwa Banyuwangi sudah membuat skema-skema dari beberapa persen yang sesuai dengan harapan. Adanya program Banyuwangi Smart Kampung dari kabupaten dengan tarjet bisa masuk menjadi zona hijau. Maka, bupati yang melalui para petugas kecamatan wajib memberikan instruksi kepada desa-desa sampai tingkat bawah agar selalu menghimbau untuk mendownload program tersebut. Jelasnya.

Untuk progres itu, khususnya warga Desa Tambakrejo, Alhamdulillah, hari ini dari ukuran standar menurut jumlah nama yang terdaftar sudah mencapai target sesuai harapan. Tetapi juga masih ada kendala dari masyarakat yang masih belum semua punya hp Android. Warga yang sudah punya hp Android wajib mendownload aplikasi Banyuwangi Smart Kampung, karena pemerintah membuat suatu gerakan yang fungsinya mempermudah terkait pelayanan publik.

Manfaat yang bisa dirasakan, mungkin manfaat dari aplikasi tersebut dengan tujuan Kabupaten Banyuwangi ingin meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Seperti KK (Kartu Keluarga) setiap warga masyarakat yang tiap tahun bisa berubah. Contohnya, dulu mempunyai anak masih sekolah, dan tahun berikutnya anak sudah lulus sekolah. Yang jelas di situ butuh untuk mengganti statusnya si anak di KK. Sebelum adanya program Banyuwangi Smart Kampung, warga harus capek-cakek ngurusin KK harus datang ke desa. Tetapi setelah adanya program ini, bagi warga yang sudah mendownload aplikasi tersebut, hanya tinggal mengoperasikannya cukup dari rumah untuk membuat perubahan status di Kartu Keluarga (KK). Jelas Nanang, Rabu, (22/11/2023).

"Harapan kita nanti dari Kabupaten Banyuwangi ada beberapa poin yang bisa dimasukkan dalam aplikasi Smart Kampung, khususnya bagi kebutuhan pelayanan masyarakatnya sendiri."

Harapan dari pemerintah desa maksimal untuk download aplikasi Smart Kampung. Setelah itu, bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk bekerja sama dengan tujuan memajukan wilayah Banyuwangi secara umum. Selain itu, memajukan sosial masyarakatnya, memajukan pembangunannya, dan pemerintah Desa ini adalah ujung tombak dari semua program pemerintah, baik dari pusat, provinsi, kabupaten, atau daerah. Pungkas Nanang. (Yanto)

Post a Comment for "Kades Tambakrejo, Warga Wajib Mendownload Aplikasi Banyuwangi Smart Kampung, Perkembangan Zaman Mempermudah Pelayanan Publik"

Mediaku