WANIPEDES

Lentera Sastra Memperkaya Pelatihan Penulisan dengan Kehadiran Profesor dan Doktor

Lentera Sastra Memperkaya Pelatihan Penulisan dengan Kehadiran Profesor dan Doktor

Dalam upaya meningkatkan kualitas penulisan, Komunitas Lentera Sastra menggelar pelatihan dengan menghadirkan narasumber berkompeten. Setelah Profesor Dr. Indriya Mulyaningsih, Guru Besar IAIN Syeh Nurjati, kini giliran Dr. Nur Anim Jauhiriyah dari Pengeola Jurnal UIMSYA yang berbagi pengalaman.

Pelatihan, yang berlangsung pada hari keempat, Selasa (14/11/2023), dihadiri oleh peserta dari berbagai latar belakang, termasuk artikel Jurnal Nasional maupun Internasional. Anim, panggilan akrabnya, berbagi tip penting, menekankan pentingnya pencarian ide melalui media online saat kehabisan inspirasi.

"Ketika kita menulis dan kehabisan ide, searching di media online dapat memunculkan kembali ide-ide segar," ujar Anim, menekankan pentingnya mengembangkan kemampuan menulis, terutama dalam era komunikasi online.

Anim juga merinci strategi penggunaan data sekunder untuk penulisan karya tulis. Bagi penulis pemula, ia menganjurkan untuk menulis tentang hal-hal yang benar-benar dipahami.

Dalam harapannya, Anim ingin melihat para guru dan ASN aktif berkontribusi pada jurnal-jurnal yang dikelola perguruan tinggi. "Guru bukan hanya mencari referensi, tetapi juga menjadi sumber informasi melalui tulisan mereka," tambahnya.

Ketua Komunitas Lentera Sastra menegaskan komitmen panitia dengan menghadirkan narasumber berkompeten, termasuk Profesor Dr. Indriya Mulyaningsih dan Reza Faishol. Tujuannya, agar lebih banyak pengelola jurnal dikenal oleh para guru, mendorong partisipasi yang lebih aktif.

Syafaat, Ketua Komunitas Lentera Sastra, berharap bahwa melalui latihan menulis yang terus-menerus, kemampuan menulis keluarga besar Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi akan terus meningkat. Dengan tulisan yang tidak hanya terbatas pada media lokal, tapi juga tembus ke Jurnal Nasional maupun Internasional. (Wirda Aditia MS/ Boby Tri SH)

Post a Comment for "Lentera Sastra Memperkaya Pelatihan Penulisan dengan Kehadiran Profesor dan Doktor"

Mediaku