WANIPEDES

PMI gelar pelatihan model penguatan rumah aman gempa untuk tukang bangunan

PMI gelar pelatihan model penguatan rumah aman gempa untuk tukang bangunan

Tegaldlimo – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur menggelar pelatihan model penguatan Bangunan agar aman gempa (retrofitting) berbasis masyarakat kepada para tukang bangunan lokal dan tokoh masyarakat Desa Kedungasri dan Desa Kalipait Kecamatan Tegaldlimo, bertempat di Balai Desa Kalipait. RAbu, (15/11/2023)

Dr. H Nurhadi,MM , selaku Pengurus PMI Kab.Banyuwangi menyampaikan"Kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dan keterampilan tukang bangunan dan tokoh masyarakat tentang teknik penguatan rumah agar aman terhadap gempa dalam upaya kesiapsiagaan dan mitigasi potensi bencana gempa bumi, Menurutnya, sebelumnya pihaknya pernah mengadakan kegiatan yang sama melalui kegiatan pelatihan untuk pelatih (TOT) retrofitting dan para alumni pelatihannya sekarang bisa mengajarkan kembali kepada peserta lainnya. " katanya

Sementara itu, Camat Tegaldlimo, Mujiono, S.AP. dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian program yang saat ini dilaksanakan di wilayah Kecamatan Tegaldlimo, dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan ketat, seperti pembatasan jumlah peserta, menekankan pelaksanaan 3M, serta para peserta dibekali paket perilaku hidup bersih dan sehat. Ucapnya.

Kapten Inf Gunoto Danramil 0825-09/Tegaldlimo, menyampaikan Pesan melalui Serda Vendi Agustian, selaku Babinsa Kalipait “Rumah aman gempa secara sederhana adalah rumah yang dibangun mengikuti kaidah keteknikan dan harmoni dengan alam. Kondisi saat ini di masyarakat banyak yang kurang paham tentang pentingnya rumah aman gempa, serta mengabaikan aspek kerentanan di lingkungan masyarakat. "Harus diakui sekarang membangun rumah lebih memprioritaskan keindahannya daripada memperhatikan aspek keamanan. Terlebih lagi, kerentanan makin meningkat pada pemukiman padat penduduk perkotaan," Pesannya. (Bgn. Opr09)

Post a Comment for "PMI gelar pelatihan model penguatan rumah aman gempa untuk tukang bangunan"

Mediaku