WANIPEDES

Bubak Bumi Di Dam Bendung Karangdoro

Bubak Bumi Di Dam Bendung Karangdoro

BANYUWANGI
 
Senin pagi, 25 Desember 2023 Korsda Bangorejo, Banyuwangi, Jawa Timur telah menggelar kegiatan bubak bumi.
Acara ini mengundang hadirkan Kepala Desa Karangdoro, Perwakilan Kepala Desa Barurejo, Perwakilan Kepala Desa Karangmulyo, kerawat, HIPPA se-wilayah Bangorejo disertai sebagian Korsda Pesanggaran beserta GHIPPA nya dan Korsda Cluring beserta Ketua HIPPA.
Kegiatan digelar di Dam Bendung Karangdoro.

Catatan media di lokasi acara bahwa kegiatan ini digelar di Dam Bendung Karangdoro dengan Baku Luas 16165Ha meliputi Korsda Pesanggaran, Korsda Bangorejo, Korsda Cluring.

Masih catatan media bahwa kegiatan Bubak bumi atau yang sering disebut bubak sawah ini adalah tradisi turun temurun yang dilakukan oleh petani untuk mengawali musim tanam rutin setiap tahun. Berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar selama musim tanam dijauhkan dari bala. Kegiatan ini bertujuan juga untuk nguri-uri, dijaga dan dirawat kelestariannya sebagai aset budaya leluhur sekaligus sebagai kekayaan intelektual bersama.

Sementara itu, Kepala Desa Karangdoro, Sunaryo menyampaikan ucapan terima kasih kepada para hadirin. Dalam acara bubak bumi ini mudah-mudahan dengan tasyakur ini pertanian dijaga oleh Allah SWT sehingga menghasilkan dan pengairannya sangat cukup, karena ini bulan Desember tapi hujannya belum datang, saya berharap pak jogotirto, Ketua HIPPA karena kemarau panjang bagaimana pengaturan air bisa merata.

" Jika ada masalah karena menyangkut tiga desa, mari kita selesaikan dengan duduk bersama sambil ngopi, jadi tidak perlu ke ranah hukum," tutur Sunaryo.

Masih lanjut Sunaryo," Untuk masyarakat sekitaran mohon untuk sampah jangan dibuang di sungai, mari kita jaga bareng-bareng sehingga air yang ada betul-betul tidak tercemar karena bukan hanya untuk pengairan sawah saja," himbaunya.

Sunardi Korsda Bangorejo ketika dijumpai di sela-sela acara menuturkan bahwa Dam Bendung Karangdoro dengan Baku Luas 16175 Ha ini meliputi Korsda Pesanggaran, Korsda Bangorejo, Korsda Cluring.

"Harapannya sesudah bubak bumi ini semua petugas mulai hulu sampai hilir ini diberi kesehatan jasmani maupun rohani, dan tata tanam kalau bisa 100% menghasilkan hasil yang memuaskan," tutur Sunardi Korsda Bangorejo.

Sementara Kusdi Ketua Induk Bendung Karangdoro menyampaikan bahwa Ketua Induk Bendung Karangdoro meliputi 8 Kecamatan yakni Kecamatan Tegalsari, Kecamatan Gambiran, Kecamatan Cluring, Kecamatan Purwoharjo, Kecamatan Bangorejo, Kecamatan Siliragung, Kecamatan Pesanggaran.

" Kegiatan bubak bumi ini digelar karena dulu belum diadakan kegiatan oleh bapak-bapak lingkungan juga didampingi oleh HIPPA kalau belum diadakan bubak bumi kalau ada tamu langsung tenggelam-tenggelam. Setelah diadakan bubak bumi agar keselamatan kita bersama-sama berdoa kepada masyarakat sekitarnya," kata Kusdi.

Lanjut Kusdi," Tiap-tiap tahun diadakan bubak bumi bersama bapak-bapak, bapak Korsda, dari Banyuwangi, dari bapak HIPPA Gabungan, Sub Blog dan bapak-bapak lingkungan sini diadakan selamatan setahun sekali," pungkasnya.( Ren)

Post a Comment for "Bubak Bumi Di Dam Bendung Karangdoro"