WANIPEDES

DPM PTSP Menggelar MOMENTUM" Mobil Pemburu NIB Tepat Untuk Masyarakat Di Kantor Desa Kebaman, Antusias masyarakat Membludak Karena Gratis.


Banyuwangi - WANIPEDES. ID Petugas dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) merupakan lembaga penyelenggara pelayanan perizinan terpadu, Dalam rangka pelaksanaan dan peningkatan pengurusan perijinan mengadakan kegiatan MOMENTUM" Mobil Pemburu NIB ( nomor induk berusaha) tepat untuk masyarakat guna membantu mengurus perijinan usaha masyarakat banyuwangi secara gratis tanpa dipungut biaya. 
Momentum tersebut diadakan di halaman kantor desa kebaman kecamatan srono banyuwangi.
Selasa/05/12/2023.
Kepala desa kebaman" Alif Burhanuddin, SPd disela sela kesibukan, saat itu diwawancarai awak media menyampaikan 
Kegiatan pada hari ini adalah terkait dengan pengurusan perizinan untuk usaha dimasyarakat yang diadakan oleh petugas dari dinas perijinan melakukan pelayanan jemput bola kepada masyarakat kebetulan ditempatkan di kantor pendopo desa kebaman kecamatan Srono Banyuwangi.
Program seperti ini sebetulnya dari awal sudah terlaksana dari Pemdes kebaman dan untuk saat ini pemdes bekerja sama dengan dinas perijinan terkait untuk pengurusan  SIUP tapi sekarang sudah dirubah menjadi NIB (nomor induk berusaha) dengan adanya terobosan seperti ini bisa mempermudah masyarakat untuk pengurusan perizinan karena warga cukup datang ke kantor desa dengan membawa fotokopi  KTP dan juga bisa ditunggu sebentar sesuai antrian langsung jadi tanpa dipungut biaya atau gratis. Ucap kades

harapan dari pemerintah Desa dengan adanya pengurusan ini bagi masyarakat yang mempunyai usaha agar membuat ijin usaha atau ijin dagang bisa meningkat seperti yang diprogramkan oleh bupati Banyuwangi yaitu UMKM naik kelas
dan dari pemdes sendiri bisa mempunyai sebuah data usaha warga yang mana bisa dikelompokkan dari bermacam macam jenis usahanya sesuai kategorinya masing masing. Terang kades.


Masih lanjut kades kebaman" Alif Burhanuddin, SPd,,   Alhamdulillah antusias masyarakat sangat luar biasa, sebelumnya dulu pernah melaksanakan kegiatan seperti ini juga tapi sekarang lebih banyak yang mengurus surat ijin usaha, karena dengan program mengurus surat nomor induk berusaha ini nantinya sangat bermanfaat,  fungsi dari surat tersebut yang pertama jika kalau ada warga itu mengurus perizinan usahanya secara otomatis usaha dagangnya akan tercatat adanya izin usaha dan yang kedua apabila diperlukan sebagai salah satu persyaratan kredit atau pinjaman  bisa digunakan dan tidak meminta lagi surat keterangan usaha dari desa, tuturnya.

Sementara di tempat yang sama" Sekretaris desa" Irfan menambahkan   terkait SIUP atau NIB (nomor induk berusaha) ini untuk memudahkan masyarakat yang punya usaha-usaha kecil, menengah maupun besar bisa diurus hari ini di kantor desa secara gratis, kalau warga sudah punya NIB akan sangat terbantu, bila suatu saat  nanti jika warga yang berurusan dengan bank guna mengajukan pinjaman, itu nggak usah melalui desa lagi karena warga tersebut sudah punya NIB, tinggal langsung dibawa untuk ditunjukkan ke bank, disitu akan muncul jika benar benar mempunyai usaha sendiri tapi kalau tidak punya surat NIB, tentunya warga harus ke desa untuk mengurus surat keterangan usaha, itu kan malah ribet. Ungkap sekdes.

terkait warga mengurus NIB ini, mungkin lain waktu bisa berlanjut lagi karena warga yang mengurus NIB ini baru sekitar 300 warga.
Memang informasi ini kurang menyasar ke masyarakat, kalau memang masih banyak warga yang ingin mengurus SIUP atau NIB, pihak pemdes nanti akan komunikasi dengan petugas dari dinas perijinan.

Dari pantauan awak media, dalam kegiatan tersebut, Sekcam Srono" Suryatik, SE juga hadir dengan mensosialisasikan program Banyuwangi smart kampung kepada masyarakat kebaman, agar warga yang punya hp Android supaya tahu bagaimana caranya mendownload aplikasi Banyuwangi smart kampung.

Salah satu warga desa" mbok Nah yang punya usaha warung nasi pecel saat ditanya awak media mengatakan" sangat senang karena gratis, tidak dipungut biaya, momen seperti ini kami manfaatkan untuk mengurus ijin usaha biar usaha kami tercatat di pemerintahaan. Ucap mbok Nah"
Tutup
(Yanto) 

Post a Comment for "DPM PTSP Menggelar MOMENTUM" Mobil Pemburu NIB Tepat Untuk Masyarakat Di Kantor Desa Kebaman, Antusias masyarakat Membludak Karena Gratis."