WANIPEDES

Kodam IV/Diponegoro Menggelar Upacara Peringatan Hari Juang TNI AD Ke-78 Tahun 2023

Kodam IV/Diponegoro Menggelar Upacara Peringatan Hari Juang TNI AD Ke-78 Tahun 2023

Semarang – Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Ujang Darwis, M.D.A., mewakili Pangdam memimpin Upacara peringatan Hari Juang TNI AD ke-78 tahun 2023 di Lapangan Makodam. Upacara yang digelar sekaligus sebagai peringatan Hari Juang Infanteri Tahun 2023 tersebut diikuti para Prajurit dan PNS jajaran Kodam IV/Diponegoro. Jum'at (15/12/2023).

Dalam amanat Kasad yang dibacakan oleh Kasdam disampaikan bahwa Hari Juang TNI AD merupakan momentum penting untuk mengenang perjuangan para Pahlawan yang rela mengorbankan jiwa raga demi kemerdekaan dan kedaulatan bangsa Indonesia. Khususnya kepada Jenderal Sudirman dengan keteguhan dan keberaniannya memimpin pasukan di Pertempuran Ambarawa, meskipun dalam kondisi sakit.

“Pertempuran Ambarawa menjadi salah satu momen penting dalam sejarah perjuangan bangsa kita, kegigihan dan keberanian Jenderal Sudirman menjadi inspirasi bagi kita semua,”, ungkapnya.

Pada peringatan ke-78, TNI AD berkomitmen akan terus memperkuat kemanunggalan dengan rakyat, meningkatkan kemampuan dan berperan aktif dalam pelestarian alam. Dimana hal tersebut sesua dengan tema yang diusung “TNI Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam untuk NKRI".

“Kemanunggalan TNI AD dengan rakyat merupakan kunci keberhasilan dalam menghadapi berbagai macam tantangan,”, tegas Kasdam.

Peningkatan kemampuan dari segi personel, Alutsista maupun doktrin juga diperlukan untuk menghadapi berbagai ancaman yang semakin kompleks. Termasuk berperan aktif dalam pelestarian alam dan tanggap dalam pencegahan maupun penanggulangan bencana alam. Termasuk meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai potensi kerawanan yang mungkin terjadi di tahun politik.

“Tingkatkan kewaspadaan terhadap berbagai potensi kerawanan yang mungkin terjadi di lingkungan tugas masing-masing, dan selalu pegang teguh komitmen Netralitas TNI,” pungkas Kasdam IV/Diponegoro. (Pendam IV/Diponegoro)

Post a Comment for "Kodam IV/Diponegoro Menggelar Upacara Peringatan Hari Juang TNI AD Ke-78 Tahun 2023"