WANIPEDES

Penyaluran BLT El Nino di Kantorpos Genteng Kabupaten Banyuwangi

Penyaluran BLT El Nino di Kantorpos Genteng Kabupaten Banyuwangi

GENTENG - BANYUWANGI
Alhamdulillah Penyaluran Bantuan Langsung BLT EL Nino Kali ini dilakukan Dikantor Pos Genteng kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi ,
Pada hari Rabo Tanggal (27-12-2022) Kepada 206 Keluarga Penerima Manfaat ( KPM )

Penyaluran BLT El Nino ini dihadiri langsung oleh Presiden Joko widodo dalam rangkaian kegiatan di Banyuwangi.
Turut hadir mendampingi Presiden di kota ketiga penyaluran BLT El Nino di kantor Pos kali ini,
yaitu Mendag Zulkifli Hasan Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa dan Bupati Kabupaten Banyuwangi Ipuk Fiestiandani,
 
Kabupaten Banyuwangi menjadi kota ketiga dalam penyaluran BLT El Nino oleh Presiden Joko widodo Sebanyak 206 KPM hadir di Kantor pos Genteng, Masyarakat 
menerima bantuan BLT El Nino senilai Rp.400 ribu(empat ratus ribu) Diberikan untuk Dua Bulan Noveber Dan Desember .
 
Program ini diselenggarakan pemerintah bertujuan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak kemarau panjang akibat  fenomena El Nino, khususnya warga yang telah terdata di Kemensos sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 
 
Direktur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi didampingi Ketua Satgas Bansos Hendra Sari, dan EVP Regional V Yuli Saputra hadir di lokasi penyaluran BLT El Nino Di Kantor Pos Genteng Banyuwangi.

Direktur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi memastikan pihaknya siap menjalankan amanah pemerintah dalam menyalurkan BLT El Nino. Ia optimistis Pos Indonesia bisa memenuhi ,harapan pemerintah agar penyaluran bisa berjalan lancar, cepat, dan tepat waktu. Mengingat, pihaknya sudah memiliki pengalaman dalam mendistribusikan jenis program bantuan-bantuan lainnya.
 
"Karena penyaluran BLT El Nino ini mekanismenya persis sama dengan penyaluran BLT yang lain, termasuk BPNT sehingga kita sudah punya pengalaman panjang dalam penyaluran uang tunai ini," 
 
Ada tiga mekanisme yang disiapkan Pos Indonesia dalam menyalurkan BLT El Nino agar bisa berjalan dengan lancar. Pertama, mekanisme penyaluran melalui Kantorpos.
 
Kemudian mekanisme berikutnya yang diterapkan adalah penyaluran lewat komunitas seperti di RT, RW, kelurahan, dan kecamatan. Terakhir, adalah mekanisme penyaluran langsung ke rumah KPM alias door to door.
 
"Ketiga, kita antar ke rumah-rumah. Ini dikirimkan untuk mereka yang lansia, orang sakit, atau disabilitas. Kami akan salurkan ke rumah-rumah," 
 
Dengan menerapkan tiga metode penyaluran tersebut diharapkan penyaluran BLT El Nino dapat selesai sesuai target .
 
"Diharapkan dengan cara ini, insyaAllah, sebelum akhir 2023, sudah bisa selesai semua penugasan pada PT Pos Indonesia," 
 
Sebelum merealisasikan ketiga mekanisme tersebut, Pos Indonesia juga mempersiapkan langkah-langkah penting. Salah satunya, mempersiapkan data.Karena data ini memang datangnya bertahap sehingga begitu data kami terima, kami cleansing dulu. Setelah itu, kami serahkan kepada Kemensos untuk disetujui hasil cleansing tadi," 
 
Setelah Kementerian Sosial menyetujui, Pos Indonesia akan mencetak undangan untuk dikirimkan kepada para KPM. Kemudian, jadwal pengambilan bansos KPM akan dibuat.

Kami siapkan 22 tim, dalam satu tim berisi empat orang. Dalam sehari, kami menyasar sampai 19 ribu KPM. Kami sangat optimistis hingga akhir Desember selesai, karena kami pun didukung oleh pemda dan aparat desa setempat. Masyarakat juga sangat antusias menerima bantuan,” ujarnya.


Boby Try Setya H.

Post a Comment for "Penyaluran BLT El Nino di Kantorpos Genteng Kabupaten Banyuwangi"