WANIPEDES

Polres Nganjuk Gelar Latihan Satgas Pengamanan Capres dan Cawapres

Polres Nganjuk Gelar Latihan Satgas Pengamanan Capres dan Cawapres
Nganjuk – Dalam rangka menghadapi rangkaian kegiatan pengamanan Pemilu 2023, Polres Nganjuk menggelar Latihan” Satgas Pengamanan Capres dan Cawapres”. Latihan dilaksanakan di Ring Road Jalan Raya Bengawan Solo, Nganjuk, Rabu (06/12/2023).

Kapolres Nganjuk AKBP Muhammad, S.H., S.I.K., M.Si., mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk menyamakan presepsi dan mencegah kesalahan prosedur dalam aplikasi yang sebenarnya. Mereka diberikan skenario simulasi yang mencakup berbagai potensi ancaman dan situasi darurat yang mungkin terjadi selama masa pengamanan Capres dan Cawapres.

“ Anggota Satgas harus menguasai betul “Standar Operasional Prosedur” (SOP) dan cara bertindak jika terjadi permasalahan selama pengamanan. Hal ini penting untuk memastikan keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pemilu 2023 di wilayah Nganjuk," ujar AKBP Muhammad.

Kapolres berharap, dengan adanya latihan ini, anggota Satgas dapat mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka peroleh dengan baik saat menjalankan tugas pengamanan Capres dan Cawapres.

Sementara itu, Kasat Samapta Polres Nganjuk, AKP Syaiful Hadi, S.H., mengatakan latihan tersebut melibatkan personel dari berbagai satuan, termasuk Satuan Samapta, Satuan Reserse, satuan Intelijen dan Satuan Lalu Lintas. 

"Kami fokus pada upaya pencegahan kesalahan prosedur. Oleh karena itu, anggota Satgas harus dapat berkomunikasi secara efektif, bekerja sama dalam tim, dan mengambil keputusan yang tepat dalam situasi yang dinamis," tambah AKP Syaiful .

Latihan tersebut mencakup simulasi pengamanan konvoi Capres dan Cawapres yang melibatkan kendaraan-kendaraan resmi serta rute yang biasa mereka lalui. Selain itu, para anggota Satgas diajarkan untuk mengidentifikasi potensi ancaman seperti massa yang tidak terkendali, aksi terorisme, dan situasi darurat lainnya. 

Pelatihan ini juga menjadi wadah untuk mendeteksi dan memperbaiki kelemahan dalam sistem pengamanan yang telah disiapkan. Evaluasi menyeluruh dilakukan untuk memastikan bahwa setiap langkah dan prosedur sesuai dengan standar keamanan yang ditetapkan.

Mochammad Ali Afandi. SH. 
( Syech Fandi Al Aliyyu ) 
      WANI PEDES . ID.

Post a Comment for "Polres Nganjuk Gelar Latihan Satgas Pengamanan Capres dan Cawapres"