WANIPEDES

Kalapas Banyuwangi Dilantik Menjadi PAW Anggota Majelis Pengawas Daerah Notaris Kabupaten Banyuwangi


MALANG - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Banyuwangi, Agus Wahono, mengemban amanah menjadi Penggantian Antar Waktu (PAW) Anggota Majelis Pengawas Daerah Notaris Kabupaten Banyuwangi Pelantikan dipimpin oleh Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur, Heni Yuwono.

Kegiatan juga dirangkai dengan pelantikan notaris Penggantian Antar Waktu (PAW), Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS), serta menyaksikan pengambilan sumpah kewarganegaraan bagi tiga WNA yang berlangsung di Ijen Suite Hotel, Selasa (30/01).

Dalam sambutannya, Heni Yuwono menjelaskan bahwa Majelis Pengawas Daerah (MPD) Notaris adalah badan yang memiliki kewenangan dan kewajiban untuk melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap notaris di daerah. Hari ini, terjadi PAW anggota MPD di wilayah Jawa Timur untuk mengisi kekosongan dan melakukan penyegaran anggota beserta Sekretaris MPD.

Sekretariat MPD, sesuai dengan keputusan Kakanwil, akan ditempatkan di kantor Unit Pelaksana Teknis Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, bertujuan untuk menjaga netralitas MPD.

“Serta untuk meningkatkan efisiensi dalam penyelenggaraan pengawasan dan pembinaan notaris di daerah,” terang Heni

Menyoroti implementasi pengawasan terhadap notaris, Heni menyatakan bahwa meskipun regulasinya telah ada, masih banyak hal yang perlu dipahami lebih mendalam oleh anggota MPD, baik di tingkat daerah maupun di wilayah.

Terkait pelantikan kewarganegaraan Indonesia, hal ini merupakan tonggak bersejarah dalam memperoleh hak dan kewajiban yang dilindungi oleh peraturan perundang-undangan. Kepada ketiga WNA yang telah disumpah menjadi WNI, Heni memberikan himbauan kepada ketiganya untuk mengembalikan dokumen kewarganegaraan asingnya dalam waktu 14 hari kepada Kantor Imigrasi sesuai tempat dan kedudukan masing-masing

“Sehingga proses memperoleh kewarganegaraan Republik Indonesia dapat dilaksanakan dengan lengkap,” lanjut Heni

Kepada PPNS yang telah dilantik, Heni menekankan peran penting mereka dalam penegakan hukum pidana, koordinasi dengan Polri, dan peningkatan kualitas pelaksanaan penyidikan. Heni juga memberikan pesan kepada notaris pengganti, meminta agar berhati-hati, cermat, dan teliti dalam melaksanakan tugas sebagai notaris pengganti.

“Hindari pengaduan masyarakat agar terhindar dari pemeriksaan oleh Majelis Kehormatan Notaris,” tutup Heni. (Hms / Boby)

Post a Comment for "Kalapas Banyuwangi Dilantik Menjadi PAW Anggota Majelis Pengawas Daerah Notaris Kabupaten Banyuwangi"