WANIPEDES

Launching Antologi Puisi Hebat Bersama Umat Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi


BANYUWANGI - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag)Provinsi Jawa Timur, Dr. Husnul Maram, M.H.I. bersama Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Banyuwangi, Chaironi Hidayat, S.Ag., M.M. menerima buket buku dalam launching Antologi Puisi hebat bersama umat yang digelar di Hall Hotel Santika Banyuwangi, Senin (22/1/2024). Pada acara tersebut, dihadiri ASN Kankemenag, Kepala KUA Kecamatan dan Kepala Madrasah Negeri se-kabupaten Banyuwangi.

Antologi puisi itu dikarang oleh para ASN dan siswa serta beberapa penyair dalam rangka peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke 78 Kementerian Agama Republik Indonesia.
Dalam arahan pembinaannya, Kakanwilkemenag Propinsi Jatim, Husnul Maram menyampaikan, bahwa antologi puisi merupakan salah satu sarana untuk lebih meningkatkan kemampuan dan pengendalian diri dalam bertutur kata.

"Kerjakan semua tugas secara tuntas dan jangan ditunda, terutama yang menjadi hak masyarakat seperti Buku Nikah yang harus diserahkan sesaat setelah akad nikah," ujar Husnul Maram.

Kepada para penyuluh agama, Kakanwilkemenag Jatim itu meminta agar memahami tentang perkembangan regulasi dan kebijakan yang ada pada kementerian agama sehingga dapat memberikan penyuluhan secara menyeluruh terhadap kebijakan dari kementerian agama.

"Regulasi haji juga harus difahami, karena informasi tersebut sangat diperlukan oleh masyarakat," ungkapnya.

Begitupun pesan yang disampaikan kepada para pengawas pendidikan islam dan para kepala madrasah negeri. Terkait dengan kepegawaian, Husnul Maram berharap secara serius dalam pendataan peta jabatan dengan mempertimbangkan masa pensiun ASN yang ada di wilayahnya.

Sementara Kakankemenag Banyuwangi, Choironi Hidayat dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan terbitnya buku dimaksud, selain sebagai kado Hari Jadi Kementerian Agama, juga sebagai motivasi bagi keluarga besar kementerian agama untuk terus mengembangkan literasi. "Judul antologi puisi ini diambil dari tema HAB ke 78, yakni Indonesia Hebat Bersama Umat," tegas Kakankemenag Roni.

Ketua Komunitas Lentera Sastra Syafaat, beberapa puisi yang masuk, dipilih 78 penyair yang dimasukkan dalam antologi puisi. "Selain dalam bentuk cetak, antologi puisi dengan judul hebat bersama umat, juga dalam bentuk e-book yang dapat diakses secara online," kata Syafaat.

Untuk diketahui, para penulis antologi terdiri dari berbagai unsur. Diantaranya ada Kepala Kantor Kementerian Agama, hingga siswa Madrasah Ibtidaiyah. 


Pewarta : Boby Try Setya Hartanto

Post a Comment for "Launching Antologi Puisi Hebat Bersama Umat Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi"