WANIPEDES

Launching Program Sekolah Gratis di SMPN 1 Gambiran

Launching Program Sekolah Gratis di SMPN 1 Gambiran

SMPN 1 Gambiran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur mengggelar kegiatan Launching Program Sekolah Gratis bertempat di halaman sekolah pada Sabtu pagi, 20 Januari 2024.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, Suratno, S.Pd, M.Pd, Korwilkersatdik Gambiran, Setyani Susilo Hadi, Pengawas SMP, Forpimka Gambiran, Kepala Desa se- Kecamatan Gambiran, Komite Sekolah, Ka SD/MI yang hadir serta sejumlah wali murid SD/MI.

Menurut catatan media di lapangan bahwa sekolah gratis mestinya dana BOS digulirkan oleh pemerintah karena anggaran sudah disiapkan oleh negara lewat APBN 20% dari jumlah total APBN. Dan jempol buat Kepala SMPN 1 Gambiran, Sudarman, S.Pd, M.Si yang sudah menjadi pelopor atau sebagai pilot project sekolah gratis di Kabupaten Banyuwangi.

Sementara Kepala SMPN 1 Gambiran, Sudarman, S.Pd, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa program sekolah gratis di SMPN 1 Gambiran bukan sesuatu yang baru atau terobosan baru, inovasi baru tetapi sekolah gratis ini harus benar-benar direalisasikan di lingkungan pendidikan.

Lanjut Sudarman bahwa bukankah sekolah-sekolah termasuk SMPN 1 Gambiran telah digelontor oleh dana operasional sekolah atau BOS. Bukankah seharusnya kalau sudah tercover oleh dana BOS secara otomatis pihak sekolah tidak boleh meminta sumbangan kepada wali murid? Jadi yang namanya gratis itu ya bebas dari apapun, bebas biaya, tidak perlu membayar sepeserpun.

Jadi saya ingin menyamakan persepsi antara pemerintah dan masyarakat sesuai dengan regulasi. Menurut Permendikbud nomor 18 tahun 2023 standar biaya pendidikan dan yang terakhir kita pakai regulasinya dasarnya itu Permendikbud nomor 63 tahun 2022 yang diperbarui Permendikbud nomor 63 tahun 2023 tentang juknis pelaksanaan dana bos.

Launching Program Sekolah Gratis di SMPN 1 Gambiran

Masih lanjut, bahwa program sekolah gratis yang hari ini digelar tersebut benar-benar akan menggratiskan ketika anak didiknya menempuh pendidikan di SMPN 1 Gambiran.

" Mulai Juli 2024 biaya di SMPN 1 Gambiran hanya ada dua, saat mendaftar adalah Bismillahirrahmanirrahim, biaya kedua yaitu tiga tahun lagi ketika menerima ijazah biayanya alhamdulilahirohmannirohim," tegas Kepala SMPN 1 Gambiran.

Ketika ditemui media setelah acara usai, Sudarman menyampaikan bahwa program sekolah gratis yang kini tengah digelar di sekolahnya itu akan diberlakukan pada Juli 2024 mendatang.

Lebih dipertegas lagi bahwa sekolah sangat dilarang dodolan seragam sekolah terhadap siswa-siswi didiknya. Sekolah dilarang memungut biaya apapun yang berbunyi untuk pembangunan fisik gedung sekolah. Urusan gedung urusan negara.

Di waktu dan tempat yang sama ketika ditemui media, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, Suratno, S.Pd, M.M mengatakan pihaknya telah mengapresiasi atas gelaran acara bertajuk program sekolah gratis yang digelar di SMP Negeri 1 Gambiran itu.

Lanjutnya," bahwa meski program sekolah gratis itu diberlakukan di sekolah tersebut, namun jika ada wali siswa yang berkelebihan rejeki kepingin menyumbang dengan sukarela kepada pihak sekolah, tentu diterima dalam konteks amal jariyah. Jadi silahkan jika ada wali murid yang akan beramal untuk sekolah," pungkas Kepala Dinas Pendidikan. _Ren_

Post a Comment for "Launching Program Sekolah Gratis di SMPN 1 Gambiran"