WANIPEDES

Pangdam IV/Diponegoro : Gaungkan Terus Pemilu Damai, Tertib, Jujur dan Adil

Pangdam IV/Diponegoro : Gaungkan Terus Pemilu Damai, Tertib, Jujur dan Adil

Surakarta – Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tandyo Budi R. S.Sos., bertindak selaku pimpinan Apel Gabungan Kesiapsiagaan dalam rangka Pengamanan Pemilu 2024 wilayah Kodam IV/Diponegoro bertempat di Lapangan Makorem 074/WRT. Apel Kesiapsiagaan hari ini digelar secara serentak di delapan titik lokasi wilayah Jateng dan DIY, Rabu (17/1/2024).

Tujuan digelarnya Apel ini adalah untuk mengecek dan memastikan kesiapan pasukan serta perlengkapan Satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro dalam menghadapi tugas pengamanan Pemilu 2024. Pasukan yang terlibat Apel Kesiapsiagaan di 8 lokasi sejumlah 5.610 orang yang terdiri dari unsur 3 Matra TNI, Polri, Satpol PP, dan Linmas di wilayah masing-masing. 

Gelar Pasukan Kodam IV/Diponegoro pada Tugas Pengamanan kali ini meliputi penempatan pasukan di Koramil, Kodim, Korem dan unsur Satuan Yonif dengan Status _Standby On Call_ atau bergerak atas Perintah secara Terkoordinasi sesuai kebutuhan tugas bersama dengan Satuan Polri setempat.

Kepada seluruh prajurit, Pangdam menekankan untuk Tetap memegang teguh pada Integritas dan Komitmen Netralitas TNI, dengan tidak terlibat kegiatan-kegiatan yang mengandung politik praktis dengan mendukung salah satu calon yang sedang berkontestasi. 

“Sesuai UU No. 34 Tahun 2004, Pasal 39 bagi Prajurit TNI yang melanggar Netralitas TNI akan ada sanksi hukumnya”, Tegas Pangdam.

Dalam amanatnya, Pangdam juga menyampaikan Apel Kesiapsiagaan ini adalah wujud bahwa TNI-Polri maupun Pemda telah bersiap dan akan selalu solid dalam menjamin stabilitas keamanan dan kondusifitas wilayah selama berlangsungnya Pemilu 2024.

Penekanan Pangdam Selanjutnya, agar seluruh satuan Kodam IV/Diponegoro untuk dapat menahan diri dan tidak mudah terprovokasi serta terpancing emosi, koordinasikan dan serahkan proses penanganan kepada pihak yang memiliki kewenangan untuk penindakan hukummya

"Saya mengajak semuanya agar Gaungkan terus Pemilu damai, tertib, jujur dan adil agar tetap terpelihara keutuhan dan kerukunan Bangsa”, Tutup Pangdam.

8 lokasi kegiatan Apel Kesiapsiagaan Pemilu 2024 di wilayah Kodam IV/Dipongoro diantaranya di Lapangan Apron Alpha Lanumad Ahmad Yani Semarang yang dipimpin langsung oleh Kasdam IV/Diponegoro, Lapangan Dr. Koesen Hirohoesodo dipimpin Irdam, Lapangan Kipan C Yonif 410/Alg Pati dipimpin oleh Kapoksahli Pangdam, lapangan Stadion Mandala Krida Yogyakarta dipimpin Danrem 072/PMK, Lapangan Makorem 071/WK dipimpin Danrem 071/WK, Lapangan Yonif 410/Alg dipimpin Danrem 073/Mkt dan Lapangan Pemda Kab. Tegal dipimpin Danrindam, 

Seluruh pejabat Kodam IV/Diponegoro meliputi para Asisten Kasdam, Pamen Ahli, Perwira Liaison, Kabalakdam dan Dansat jajaran Kodam IV/Diponegoro serta pejabat TNI AL, TNI AU, Polri dan pejabat dari Unsur Pemda turut hadir dalam kegiatan Apel ini.
(Pendam IV/Diponegoro)

Post a Comment for "Pangdam IV/Diponegoro : Gaungkan Terus Pemilu Damai, Tertib, Jujur dan Adil"