WANIPEDES

Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto Ajak Pemuda Desa Yosomulyo Melek Pendidikan Politik dan Berorganisasi Yang Baik

Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto Ajak Pemuda Desa Yosomulyo Melek Pendidikan Politik dan Berorganisasi Yang Baik
Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto Ajak Pemuda Desa Yosomulyo Melek Pendidikan Politik dan Berorganisasi Yang Baik

YOSOMULYO || BANYUWANGI
Sebagai generasi penerus bangsa dan agen perubahan, pemuda memiliki peran yang penting dalam proses pembangunan desa. Pemuda hendaknya peduli, tidak acuh tak acuh terhadap politik. Sebab, disadari atau tidak, banyak hal dalam kehidupan kita ditentukan oleh proses politik. 

Demikian disampaikan Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto, SH, MH dalam acara ‘Sosialisasi, Pembinaan Dan Pelatihan Organisasi Kepemudaan Desa Yosomulyo, pada Sabtu, 20/1/2023. 

Dihadapan 140 pemuda dari perwakilan 15 kelompok Organisasi Pemuda Desa Yosomulyo, sebelumnya Michael mengapresiasi Pemdes Yosomulyo, Kades Joko, acara kepemudaan ini sangat luar biasa. "Selain ada materi berorganisasi kepemudaan membangun desa berdasarkan nilai-nilai nasionalisme dan kebangsaan, tadi diawali dengan materi nilai-nilai religius dari Depag Banyuwangi," ujarnya mengawali sambutannya. 

"Jadi kehadiran saya disini diundang sahabat saya Kades Joko bukan untuk  kampanye, saya tidak berseragam partai, tapi untuk membantu memberikan Peguatan Pemuda di Era Milenial dalam pemahaman pendidikan politik agar generasi muda dapat memahami dan mengetahui perkembangan politik dan hak-hak politiknya," kata Michael yang juga selaku Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Banyuwangi itu. 

"Politik itu memiliki makna yang sangat luas. Bisa diartikan sebagai makna yang positif maupun dengan makna yang negatif, itu semua tergantung dari bagaimana pandangan orang lain menilai makna dari politik," jelasnya 

Memahami politik tidak hanya pada saat tahun politik seperti sekarang tapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Seperti berorganisasi dalam kepemudaan juga dibutuhkan  berpolitik. 

Pria peroleh gelar Tokoh Inovatif Banyuwangi kategori Pejuang Pendidikan Politik Modern 2023 dari ajang bergengsi Anugerah TIMES Indonesia (ATI) ini, memberikan apresiasi kepada Pemdes Yosomulyo, organisasi kepemudaan yang tumbuh dari bawah, membangun dari desa dengan menegakkan nilai kearifan lokal. 

Selain itu Wakil Ketua DPRD Banyuwangi juga berpesan agar Pemuda Yosomulyo turut berperan sebagai pelaku dan penggerak masyarakat dalam upaya penyadaran publik terkait pembangunan daerah. 

"Adik adik tau kan, berbicara tentang keindahan dan kekayaan  Banyuwangi seolah tak ada habisnya. Mulai dari budaya, tradisi, hutan, pesisir laut yang indah, mulai dari selatan ada pulau merah, pantai pancer, grajakan. Di sinilah keterlibatan aktif generasi muda diperlukan sebagai garda terdepan penjaga kelestarian alam dan pembangunan Banyuwangi," tutup Michael. 

Sementara Kepala Desa Yosomulyo Drs. Joko Utomo Purniawan, M.Pd, menyampaikan kegiatan ini sebagai bentuk fasilitasi bagi Organisasi Kepemudaan di Desa Yosomulyo untuk mengembangkan potensi generasi muda, sehingga dapat memberikan akses pembinaan kepada generasi muda penerus Pembangunan Bangsa utamanya Desa Yosomulyo. 

Perlu di ketahui, Organisasi Kepemudaan di Desa Yosomulyo antara lain, di Dusun Sidotentrem ada, Ortega, Resident, Gelang's. 

Dusun Krajan : Fress, Foryosa, Peka, Pemuda Kulon Kuburan dan Pemuda Nasrani. 

Dusun Sidorejo Kulon: PKPB, Team Maido Pemuda Pasar Senin. 

Dusun Sidorejo Wetan : PCB, Pemuda Sidorejo Mantekan Bersatu, Pemuda Patria Vihara Damma Harja, Pemuda Patria Vihara Dharma Mulya. 

Dusun Sidomukti : Pemuda Sidomukti Bersatu, Pemuda Patria Vihara Damma Mukti.


Pewarta : Putry Setya Pamungkas

Post a Comment for "Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto Ajak Pemuda Desa Yosomulyo Melek Pendidikan Politik dan Berorganisasi Yang Baik"