WANIPEDES

Danramil Kabat Hadiri Penyuluhan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL ) Ta. 2024


Kabat - Bertempat di Aula Kantor Desa Kabat Kecamatan Kabat, Danramil Kabat dan Forpimka Kabat, menghadiri undangan penyuluhan kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL ) Tahun 2024 dari Kantor Pertanahan Banyuwangi Pukul 08.00 WIB Hari Selasa, (30/01/2024).

Perlu di ketahui, PTSL adalah proses pendaftaran tanah yang dilakukan serentak dengan berbasis partisipasi masyarakat meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu.

Besama Perwakilan warga Desa Kabat sebanyak 100 orang, Danramil Kabat Kapten Kav Makali dan Kades Kabat Bapak Muh. Mislani hadir dalam rapat yang dibuka oleh Kasi Pertanahan Kabupaten Banyuwangi Bapak Eko, M. Kn. 

Ada beberapa hal yang disampaikan dalam rapat disela sambutannya antara lain Pelaksanaan kegiatan PTSL tahun 2024 ini, akan dilaksanakan sesuai peraturan yang berlaku, Pihak BPN mendorong Kelurahan/ Desa untuk menginformasikan warga secepatnya sesuai persyaratan yang ditentukan, dan Kegiatan PTSL ini, peran Kecamatan hanya memberikan suport untuk Desa/ Kelurahan agar dilaksanakan dengan baik, dan pengesahan secara administrasi tidak di Kecamatan, cukup terselesaikan di Desa/ Kelurahan.

Beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pemohon yang ingin mengikuti program PTSL diantaranya;

Pertama Dokumen kependudukan yang berupa Kartu Keluarga (KK);
Kedua Kartu Tanda Penduduk (KTP);
Ketiga Surat Tanah, bisa berupa Letter C, Akte Jual-beli, Akte Hibah, Berita Acara Kesaksian dan lain-lain;
Keempat Tanda batas tanah yang terpasang.

Masyarakat yang mengurus sertifikat tanah program PTSL hanya dibebankan pada biaya BPHTB (Bea Hak Atas Tanah dan Bangunan). Bahkan Pemda Banyuwangi memberikan keringan biaya BPHTB selama pembayaran di bulan Januari 2024.

Kegiatan Penyuluhan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL ) Ta. 2024 ini selesai pada Pukul 11.00 WIB dengan lancar dan aman.

Post a Comment for "Danramil Kabat Hadiri Penyuluhan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL ) Ta. 2024"