WANIPEDES

Mahasiswa UIN KHAS Selesaikan PKL pada KUA Kecamatan Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi


BANYUWANGI,  JAWA TIMUR. WANIPEDES.ID - 
Sebanyak 102 mahasiswa Fakuktas Dakwah UIN Kyai Achmad Siddiq Jember mengakhiri program PKL (Praktek Kerja Lapangan) yang tersebar di beberapa KUA Kecamatan Kabupaten Banyuwangi, Selasa (13/2/2024).

Acara ceremony penarikan mahasiswa itu dilaksanakan di aula Kemenag Banyuwangi. Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Kemenag beserta beberapa pejabat, Wakil Dekan fakultas dakwah, dan beberapa Dosen pembimbing.

Wakil Dekan Fakultas Dakwah, Dr. H. Minan Jauhari, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa, PKL merupakan aktifitas akademik program fakultas dakwah yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa. Dimana orientasi PKL kata dia, lebih pada fungsi kepenyuluhan agama dalam rangka mengaktualisasikan keilmuan dakwah.



"Kami berharap, alumni PKL mampu merespon persoalan dakwah, karena fungsi kepenyuluhan agama sangat strategis", kata Minan.
Sementara, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi Chaironi Hidayat dalam arahannya menyampaikan, bahwa program PKL sebagai bekal informasi awal dalam menyampaikan keilmuan. 

"Apapun yang diperoleh saat PKL harus dipraktekkan dalam kehidupan sehari hari", kata Roni panggilan akrabnya 

Dirinya juga mengajak kepada seluruh mahasiswa untuk menguasai beberapa kompetensi. Yakni materi substantif, metodologi dakwah yang baik, kompetensi sosial, dan komptensi personal.

"Sebagai mahasiswa seyogyanya menjadi person yang baik di tengah masyarakat", pesannya 

Diakhir arahannya Roni, berharap seluruh peserta PKL menjadi orang sukses. "Jangan lupakan kampus, Guru, dan Dosen, tetap sambung silaturahmi", pungkasnya.



Pewarta : Boby

Post a Comment for "Mahasiswa UIN KHAS Selesaikan PKL pada KUA Kecamatan Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi"

Mediaku