WANIPEDES

Patroli Skala Besar, Pastikan Banyuwangi Aman Hingga Pelaksanaan Pemilu


Banyuwangi : Mendekati Pemilu, jajaran Kepolisian bersama TNI di Banyuwangi menggelar patroli berskala besar, pada Selasa pagi (6/2/2024). Kegiatan ini bagian dari pelaksanaan tahapan pengamanan Pemilu, sekaligus menunjukkan netralitas TNI Polri ke masyarakat. Patroli dilakukan dengan melintasi jalan raya depan Kantor KPU Banyuwangi, Kantor Bupati Banyuwangi, Kantor DPRD Banyuwangi, Kantor Bawaslu Banyuwangi dan Gudang Logistik KPU di Kecamatan Kabat Banyuwangi..

Patroli dipimpin langsung Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol. Nanang Haryono. Tampak hadir dalam rombongan Komandan Lanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Indra Nusa Raspati. Kegiatan patroli diawali dengan apel di halaman Mapolresta Banyuwangi, lalu menyusun rangkaian dan menyusuri Jalan Brawijaya hingga Agus Salim dan simpang lima Banyuwangi. 

“Ini merupakan pelaksanaan tahapan pengamanan Pemilu. Kami ingin yakinkan ke masyarakat jika aparat Kepolisian dan TNI tetap netral. Sekaligus, memastikan Banyuwangi aman hingga pelaksanaan Pemilu nanti,” kata Kapolresta. 

Iring-iringan patroli ini sedikitnya melibatkan 220 personel gabungan. Jumlah ini termasuk personel Brimob yang menurunkan kendaraan taktisnya. “Patroli skala besar ini dilakukan serentak di Jatim,” tegas Kapolresta.

“Selama Pemilu nanti, sedikitnya 11.942 personel pengamanan dikerahkan. Dari jumlah ini, 925 diantaranya adalah personel Kepolisian, termasuk 100 personel Polda dan 1 SST Brimob. Selama masa tenang, sebanyak 407 personel akan disiagkan. Seluruh personel pengamanan, akan kita geser ke TPS mendekati pemungutan suara,” ujar Kapolresta Banyuwangi.

Sedikitnya ada 5 kawasan rawan dalam Pemilu di Banyuwangi. Kerawanan ini dipicu kondisi wilayah. “Jadi, rawan medan atau rute yang dilalui. Tapi, semua sudah kita petakan dan siapkan skenario agar bisa dilewati dengan baik,” tutup Kapolresta. (Humas Polresta Banyuwangi)

Post a Comment for "Patroli Skala Besar, Pastikan Banyuwangi Aman Hingga Pelaksanaan Pemilu"

Mediaku