WANIPEDES

Pejabat Kemenag Banyuwangi Serentak Ikuti Program "Menulis Alquran Metode Follow The Line"


BANYUWANGI – Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Timur Bidang Pendidikan Agama Islam menginisiasi program Menulis Mushaf Alquran dengan metode Follow The Line.

Kepala Kantor Kemenag Banyuwangi Chaironi Hidayat beserta jajaran pejabat, pengawas PAI, dan para guru PAI mengikuti pelaksanaan program Menulis Mushaf Alquran metode Follow The Line. Acara yang terselenggara di Aula Kanwil Kemenag Jatim itu serentak diikuti oleh seluruh Kemenag Kabupaten dan Kota se-Jatim melalui zoom meeting, pada Senin (12/02/2024).

Kepala Bidang PAIS Moh. Amak Burhanudin dalam sambutannya menyampaikan, tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk membumikan Alquran, serta membentengi anak-anak dengan Alquran. Menurutnya, program ini tidak hanya menulis, akan tetapi sekaligus membaca.

"Kami ingin menerbitkan mushaf Alquran dari hasil tulisan tangan ASN Kementerian Agama di Jawa Timur", ungkap mantan Kepala Kemenag Banyuwangi, Moh. Amak Burhanudin.

Lebih lanjut Amak menjelaskan, bahwa 30 juz Alquran dengan metode penulisan follow the line dibagi pada masing-masing Kemenag Kabupaten/Kota, termasuk Kantor Kanwil yang kebagian Juz 1 terdiri ada 21 halaman. Sedangkan Juz 2 sampai Juz 30 untuk Kemenag Kabupaten/Kota. 

"Hasil penulisan segera dikirim ke Kanwil Kemenag Jatim, kemudian segera dibukukan", terang Amak.

Sementara Kakanwil Kemenag Provinsi Jatim Husnul Maram, saat membuka acara tersebut menyampaikan, bahwa program ini merupakan tindak lanjut dari 7 program Kementerian Agama, yang salah satunya adalah Transformasi Digital.

"Program ini bisa dilaksanakan secara berkesinambungan dan terus-menerus, hingga bisa membaca Alquran, sekaligus menulis dengan baik dan benar," imbuhnya.

Kepala Kemenag Kabupaten Banyuwangi Chaironi Hidayat yang ikut menulis mushaf Alquran menyambut baik program ini.

"Dengan metode penulisan mushaf Alquran follow the line, akan mempermudah anak didik dalam menulis ayat demi ayat Alquran," ujar Chaironi. 



Pewarta : Hariyanto

Post a Comment for "Pejabat Kemenag Banyuwangi Serentak Ikuti Program "Menulis Alquran Metode Follow The Line""