WANIPEDES

Target Seminggu Tuntas, Sub Pin Polio Putaran Kedua di Banyuwangi Sasar 180.641 Anak


Banyuwangi – Pemkab Banyuwangi mulai menggelar Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio putaran kedua. Sebanyak 180.641 anak usia usia 0 sampai 8 tahun kurang satu hari akan menerima vaksin polio ini dan ditargetkan tuntas dalam sepekan.

Dimulainya pemberian vaksin polio putaran 2 serentak di Banyuwangi ini secara simbolis dilakukan Asisten Pemerintahan dan Kesra Banyuwangi, Arief Setiawan, bersama Plt Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, Amir Hidayat, di SDN 1 Klatak, Kecamatan Kalipuro, Senin (19/2/2024).

Arief Setiawan menyebut, vaksinasi putaran kedua itu dilakukan serentak di 25 kecamatan selama satu pekan, mulai Senin hingga Minggu, 19-25 Februari 2024.

“Hari ini (Senin-red) kita mulai. Jumlah sasarannya minimal sama dengan capaian kita yang putaran pertama, yakni 180.641 anak usia 0 sampai 8 tahun kurang sehari,” kata Arief.

Sub PIN Polio tahap pertama di Kabupaten Banyuwangi yang digelar pada 15-21 Januari 2024 mencapai 180.641 anak atau 103 persen. Capaian tersebut melebihi target sasaran yang dicanangkan, yakni sebanyak 174.237 sasaran.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, Amir Hidayat, mengimbau kepada seluruh masyarakat Banyuwangi, khususnya orang tua yang mempunyai anak yang telah mendapatkan vaksin di putaran pertama, untuk tidak melewatkan kesempatan Sub PIN Polio putaran kedua ini.

"Kami harapkan semua anak yang sudah tervaksin di putaran pertama, untuk seluruhnya melakukan vaksin polio kedua. Bagi yang belum mendapatkan vaksin di putaran pertama agar bisa tercover di putaran kedua ini. Selanjutnya mereka bisa ambil ulang vaksin polio satu bulan setelah pemberian dosis awal," tutur Amir.

Amir menjelaskan pelaksanaan Sub PIN Polio putaran kedua jadwal reguler akan dilaksanakan pada tanggal 19-25 Februari 2024. Sementara itu untuk sweeping akan dilaksanakan 26 Februari 2024 sampai dengan 2 Maret 2024.

"Target pencapaian Sub PIN Polio tahap kedua ini minimal 103 persen, sama dengan putaran pertama. Kami juga sudah menyiapkan dua tipe vaksin oral dan inject (suntik) untuk yang kurang sehat," kata Amir.
(Sumber : Amir Dinkes)

Pewarta : Boby Try Setya

Post a Comment for "Target Seminggu Tuntas, Sub Pin Polio Putaran Kedua di Banyuwangi Sasar 180.641 Anak"