WANIPEDES

BMKG Unit Pelaksana Stasiun Geofisika Banyuwangi, Telah Melaksanakan Kegiatan BMKG Goes To School 2024 di SMPN 1 Banyuwangi


Banyuwangi - www.wanipedes.id | Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) unit pelaksana Stasiun Geofisika Banyuwangi telah melaksanakan kegiatan BMKG Goes To School 2024 di SMPN 1 Banyuwangi. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh siswa dengan aktif dan antusias.

Tujuan dari kegiatan BGTS ini adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat, khususnya generasi muda, tentang potensi bencana gempa bumi di wilayah Banyuwangi. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengedukasi peserta tentang cara-cara mitigasi bencana gempa bumi.

Kegiatan BGTS diawali dengan pemaparan materi oleh Staf Operasional BMKG Stasiun Geofisika Banyuwangi mengenai gempa bumi dan bahaya susulan yang dapat terjadi, seperti tsunami dan bangunan runtuh. Selain itu, dijelaskan juga cara-cara mitigasi bencana gempa bumi, baik sebelum, saat, maupun setelah gempa bumi terjadi.

Pemaparan materi dilakukan secara interaktif dan menyenangkan agar peserta dapat memahami materi dengan baik. Selain itu, kegiatan BGTS juga dilengkapi dengan sesi tanya jawab agar peserta dapat memperoleh informasi yang lebih mendalam.

Kegiatan BGTS merupakan salah satu upaya BMKG untuk meningkatkan pemahaman masyarakat, khususnya generasi muda, tentang kebencanaan. Kegiatan ini telah memberikan dampak positif bagi peserta, baik dalam hal pengetahuan maupun pemahaman. Kemudian dengan adanya pelatihan evakuasi mandiri secara rutin diharapkan dapat mengurangi risiko terjadinya korban jiwa dan kerugian materi saat terjadi bencana.

Dalam Kesempatan Ini, Kepala sekolah SMPN1 Banyuwangi, H. Sodiq S.pd dalam sambutannya mengatakan, Alhamdulillah dengan datangnya tim dari BMKG memberi materi kepada anak anak, karena memperkaya sumber belajar. Anak- anak bisa belajar tentang angin,ilmu bumi, gempa dan lain lain lebih mendalam. 

"Mereka antusias terhadap materi yang disampaikan dengan bukti dialog pemateri dengan anak anak sangat gayeng," kata H. Sodiq S.pd, Kamis (7/3/24).

Dia Menambahkan, menyampaikan terima kasih kepada tim BMKG yang telah memberikan banyak manfaat. Kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses .


Pewarta : Boby & Putry

Post a Comment for "BMKG Unit Pelaksana Stasiun Geofisika Banyuwangi, Telah Melaksanakan Kegiatan BMKG Goes To School 2024 di SMPN 1 Banyuwangi"

Mediaku